fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pemprov Sulsel Pangkas Habis Tenaga Honorer Tahun Ini

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) secara bertahap memangkas habis tenaga honorer.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Imran Jausi mengatakan bahwa tahap pertama sekitar 300-an honorer yang akan dipangkas.

“Sementara, sekarang kajiannya sudah selesai. Kita hadapkan dulu ke pimpinan, kalau setuju ya itu yang terjadi (pemangkasan-red),” ujar Imran Jausi.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, tenaga honorer di instansi pemerintah melaksanakan tugas paling lama lima tahun saat peraturan tersebut berlaku atau 2023.

Baca juga:  Bantu Ollon Rp 22,5 M di Toraja, Gubernur Sulsel: Jangan Tidak Terserap Lagi

Setelah itu, makan tidak ada lagi tenaga honorer di dalam tubuh pemerintah.

“Sebenarnya semua pemerintah daerah termasuk provinsi didorong untuk mengurangi ketergantungan dengan tenaga honorer,” jelas Imran.

ADVERTISEMENT

Akibatnya, tenaga honorer yang saat ini masih bekerja di kantor pemerintahan akan dipangkas secara bertahap. Maka, setelah pemangkasan kurang lebih 300 honorer ini akan ada pemangkasan berikutnya.

“Yang 300-an itu sebenarnya berkaitan dengan jumlah ASN yang kita terima. Tes kemarin kan yang keterima sekitar 300-an. Kan memang seperti itu, karena sebenarnya tenaga honor itu mengisi formasi ASN,” tambah Imran.

Baca juga:  Sempat Tertunda, Masjid 99 Kubah Ditarget Rampung Sebelum Ramadhan

Lanjutnya, ada beberapa hal yang perlu dikaji terkait tenaga honorer. Pertama, saat ini pemerintah masih ketergantungan terhadap tenaga honorer. Kedua, harus diakui bahwa pemerintah daerah agak kesulitan untuk membayar gaji honorer.

ADVERTISEMENT

“Kemudian yang ketiga bahwa persoalan ini tidak boleh serta merta, karena menyangkut hajat hidup orang. Kemudian alih pekerjaan yang selama ini ditangani oleh honorer harus dicover kembali oleh ASN kita,” kata Imran.

Baca juga:  Pemprov Sulsel Terapkan Zona PeduliLindungi di Fasilitas Publik

Saat ini jumlah tenaga honorer Pemprov Sulsel hampir mencapai 16.000 orang. Jumlah tersebut didominasi oleh tenaga guru yang hampir mencapai 11.000 orang.

“Kalau di luar guru-guru hampir 5.000-an orang. Karena memang yang banyak kan guru, hampir 11.000 orang,” pangkas Imran.

Baca berikutnya: Formasi ASN Terisi, Pemprov Sulsel Pangkas Tenaga Honorer

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT