fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pencopotan Airlangga Memanas, JK: Saya Sangat Tidak Setuju Munaslub Golkar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 yang juga mantan ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla (JK) meminta agar partai berlambang pohin beringin rindang tersebut tetap solid demi menghadapi pemilu 2024.

Hal tersebut diungkapkan JK terkait beredarnya isu Musyawarah Luar Biasa untuk menggantikan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

“Dalam situasi yang krisis ini, artinya dalam waktu yang singkat (menuju) pemilu, Bersatulah. Bagaimana bisa menang kalau pecah, maka harus bersatu. Karena Airlangga sudah diberikan mandat maka hormati itu. Jangan Golkar dilibatkan dalam situasi yang sulit”, ujar JK kepada wartawan usai menjadi keynote spech di acara “Anak Muda Untuk Politik” di Kompleks DPR Senayan, Senin 31 Juli 2023.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut JK menegaskan ketidak setujuannya terhadap Munaslub di tubuh partai Golkar justru akan menjatuhkan marwah Partai Golkar sebagai partai besar dan peraih suara terbanyak kedua pada pilpres 2019.

Baca juga:  Pemkot Makassar Teken MoU denagn Unismuh

Menurutnya dalam keadaan solid saja partai Golkar belum tentu menang apalagi jika sampai terpecah.

“Sangat tidak setuju dengan Munaslub, karena itu akan menjadikan marwah Golkar sebagai partai besar dan pemenang suara terbanyak kedua. Jadi siapa pun harus memahami itu bahwa ini soal organisasi harus bersatu. Yang penting itu kita bersatu supaya kita bisa terpilih baik eksekutif maupun legislatifnya. Bersatu saja belum tentu menang apalagi kalau tidak bersatu”, tegasnya.

ADVERTISEMENT

Selain itu, JK meminta agar Golkar dapat menjadi partai mandiri yang tidak terlalu begantung pada koalisinya dalam mengambil langkah politik.

Menurutnya Golkar agak telat dalam mengambil langkah politik terkait pencapresan 2024 hal itu karena pengurus Golkar terlalu bergantung pada koalisi. Padahal kata JK, apabila Golkar dapat memperoleh posisi wakil maka itu akan berpengaruh pada elektabilitas Golkar.

Baca juga:  Dukung Airlangga, Golkar Banteang Tegaskan Tolak Munaslub

“Sebagai partai besar yang mempunyai kemampuan atau partai kedua terbesar yang mempunyai kemampuan kekuasaan itu apabila menjadi wakil. maka Golkar punya peluang untuk menaikkan suaranya. Golkarnya sendiri agak telat atau sangat tergantung pada koalisi-koalisinya. Harusnya partai itu bisa mandiri. Secara demokrasi bahaya kalau begini terus ketika partai tidak bisa mandiri, beda partainya diganggu lagi, maka makin kacau republik ini”, ujar JK.

ADVERTISEMENT

Sekadar informasi, munculnya desakan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) untuk melengserkan Airlangga Hartarto dari kursi Ketua Umum Partai Golkar disebut dipengaruhi oleh sikap partai berlambang beringin itu yang hingga kini belum memutuskan bakal calon presiden (capres) yang akan diusung pada pemilu 2024 mendatang.

Baca juga:  Golkar Runner-up Quick Count, Pengamat Nilai Ada Efek Ridwan Kamil

Airlangga juga terseret dalam pusaran dugaan korupsi pemberian fasilitas izin ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya periode 2021-2022.

Kejaksaan Agung telah memeriksa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu pada Senin, 24 Juli 2023, lalu selama hampir 12 jam.

Politisi senior Golkar, Zainal Bintang, mengatakan Airlangga telah gagal menjalankan target yang dibebankan partai kepadanya sebagai ketua umum.

“Dilemanya kan di situ, apakah ada kesanggupan Airlangga mengangkat elektabilitasnya yang hanya 0,7%?” katanya.

Hasil Lembaga Survei Indonesia pada April 2023 lalu menunjukkan elektabilitas Airlangga sebesar 0,7%, di mana yang tertinggi adalah Prabowo Subianto (28,3%) dan Ganjar Pranowo (27,3%).

Zainal melanjutkan, dugaan korupsi CPO juga memunculkan adanya gerakan-gerakan di internal Golkar yang mendesak Airlangga untuk mundur.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Sosialisasi Operasi Patuh Pallawa 2024 di Makassar Hingga ke Warkop

LAYAR NEWS, Makassar - Memasuki hari ketiga Operasi Patuh Pallawa 2024, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar melaksanakan sosialisasi kepada...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT