fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pentingnya Pemahaman Keamanan Digital untuk Hindari Potensi Bahaya Seperti Ini

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar, Ismawaty Nur mengatakan pentingnya meningkatkan literasi keamanan digital di era modernisasi seperti saat ini.

Ismawaty menjelaskan, literasi keamanan digital adalah tentang bagaimana seseorang perlu pengetahuan dalam menjaga privasi dan keamanan dalam pengguna internet. Hal itu untuk mencegah risiko atau potensi ancaman di dunia maya.

“Literasi berarti memiliki pengetahuan mengenai konsep digital. Digital ini merupakan alat kita untuk mencapai suatu tujuan berbasis teknologi dan informatika. Perlunya literasi keamanan digital untuk kesadaran akan risiko yang ada di dunia digital,” katanya dilansir dari laman resmi Pemkot Makassar, Rabu, 1 Mei 2024.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pembangunan New Balaikota Ditarget Lanjut pada 2022

Ismawaty menekankan bahwa dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, meningkatkan kesadaran akan risiko yang ada sangatlah penting. Ia memberikan tips dan saran praktis ke masyarakat terkait langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi diri mereka secara online.

“Hindari mengklik tautan yang mencurigakan. Misalnya undangan online, kita harus mengenali siapa yg mengirimnya. Jangan mudah memberikan data pribadi seperti nama ibu, tanggal lahir dan lainnya. Harus ada rasa prinsip kehati-hatian dalam mengakses dan memposting sesuatu di medsos,” jelasnya.

Baca juga:  Pemkot Makassar Bangun Destinasi Jembatan Layang Japparate Tahun Ini

Ia juga membahas peran Diskominfo dalam keamanan digital. Di antaranya, pemantauan dan penanggulangan ancaman keamanan digital, serta penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang praktik yang aman dalam menggunakan teknologi informasi.

ADVERTISEMENT

Edukasi ini menjadi salah satu yang penting agar masyarakat paham potensi bahaya di medsos. “Selain itu, bagi korban penipuan pinjaman online ilegal dapat menghubungi Kemenkominfo untuk ditindaklanjuti data kita yang diretas tanpa sepengetahuan,” tambahnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

68 Kasus Kebakaran di Makassar Sejak Januari-Juni 2024, Objek Ini yang Terbanyak

Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Makassar mengumumkan data penanganan kasus sepanjang Januari hingga Juni 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT