fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Penyakit Brucellosis Ancam Sapi Ternak di Selayar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Selayar – Pemprov Sulsel melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan bersama dengan BBVet Maros dan Pemkab Kepulauan Selayar sedang berupaya membebaskan Kabupaten Kepulauan Selayar dari penyakit Brucellosis. 

Langkah awal yang dibuat adalah dengan mengkoordinasikan tahapan yang akan dilaksanakan kedepannya. Kabalai BBVet Maros, drh Agustia, menekankan bahwa pembebasan ini merupakan kebutuhan daerah. 

“Dan meminta pemerintah daerah untuk aktif memperjuangkan kegiatan ini. Bebas dari penyakit Brucellosis akan meningkatkan nilai jual ternak sapi dari Kabupaten Kepulauan Selayar,” katanya dilansir dari akun resmi Instagram Disnakeswan Sulsel, Kamis, 7 Maret 2024.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  KTT Berakhir, Indonesia Serahkan Estafet Presidensi G20 ke India

Kepala UPT BKKKH, drh Syahrini Rauf menjelaskan, bahwa pertemuan ini adalah koordinasi awal untuk menetapkan langkah-langkah pembebasan penyakit Brucellosis. Pemprov Sulsel sebelumnya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar pembebasan ini dilakukan secara bertahap dan tidak tergesa-gesa.

Kabid Dinas Kepulauan Selayar, Syamsir, mengungkapkan beberapa kendala yang terjadi di Selayar. Diantaranya kurangnya biaya operasional, jumlah petugas medik veteriner dan paramedik yang terbatas, dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap brucellosis. “Oleh karena itu, dukungan pemerintah desa dan pelibatan penyuluh pertanian sangat diperlukan,” ucapnya.

Baca juga:  Ini Alasan 1 TPS di Selayar Belum Laksanakan PSU

Langkah-langkah pembebasan yang akan dilakukan di tahun ini antara lain KIE (3 kali) di Bontomanai, Bontosikuyu, Pulau Jampea, rapat koordinasi yang mengundang komisi ahli dari Direktorat Kesehatan Hewan, pembuatan Juknis, audiensi dengan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar. 

ADVERTISEMENT

Kemudian rapat daring dua bulan sekali (Mei, Juli, September), dan pengambilan sampel di Bontosikuyu dengan anggaran dari Pemprov SulSel dan pengambilan sampel oleh Pemkab Kepulauan Selayar.

Baca juga:  UIM Gelar Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Universitas

(Sumber foto: llmfarmvets.co.uk)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT