fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Penyakit yang Jadi Ancaman Saat Musim Hujan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Beragam jenis penyakit mengintai siapapun dalam berbagai kondisi. Apalagi saat musim pancaroba, hingga musim hujan seperti saat ini. Pemerintah terus mengingatkan agar masyarakat tak abai menjaga kondisi kesehatan.

“Hi #sobatpromkes waspada musim hujan! Banyak penyakit yang sering datang, salah satunya adalah demam berdarah. Jangan lupa cegah dengan 3M plus dan beberapa upaya lainnya, yah!,” tulis akun resmi Instagram Promkes Pemprov Sulsel yang dilansir Senin, 18 Maret 2024.

Baca juga:  Polrestabes Makassar Beri Bantuan Warga Terdampak Banjir di Manggala 

Menurut Promkes, pada musim hujan populasi nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan penyebab demam berdarah akan mengikat karena telur yang belum menetas. Telur akan menetas saat habitat berkembangbiaknya mulai tergenang air hujan. 

ADVERTISEMENT

Saat populasi nyamuk meningkat maka ini juga akan menyebabkan peningkatan penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Beberapa penyebab nyamuk berkembang biak yakni lingkungan rumah yang kurang bersih, kekebalan tubuh yang rendah dan bepergian ke daerah tropis. 

Baca juga:  Jangan Abaikan, Kenali Gejala Stres karena Pekerjaan

DBD dapat dicegah dengan cara sederhana. Yakni rutin menaburkan bubuk abate pada penampungan air yang bersih, tidak membiarkan kain atau pakaian tergantung. Makan makanan bergizi yang seimbang dan rajin berolahraga atau beraktivitas fisik. 

Jangan lupa juga untuk melaksanakan 3M, menguras tempat penampungan air, meliputi bak mandi, ember penampungan kulkas dan lain sebagainya. Menutup rapat tempat penampungan air dan terakhir, memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang berguna. 

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT