fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Peringati Hari Guru Nasional, Siswa SMA 4 Pangkep Bikin Pagelaran Budaya Lokal

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, PANGKEP — Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional, siswa SMA 4 Pangkep membuat pagelaran Seni dan Budaya, Sabtu (26/11/2022). Kegiatan tersebut sebagai persembahan untuk para tenaga pendidik juga sebagai penguatan profil pelajar Pancasila.

Pagelaran Budaya siswa SMA 4 Pangkep menampilkan tarian etnis Sulawesi selatan dan tiga tradisi adat Mappalili pada Labakkang, Segeri dan Ma’rang Kabupaten Pangkep.

Menurut Kepala UPT SMA Negeri 4 Pangkep Abd. Azis bahwa kegiatan yang dilaksanakan inib sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Kearifan Lokal” dengan melibatkan peserta dari kelas X.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Dua Opsi Pencabutan Nomor Urut Pilkades Serentak Pangkep

“Dalam kegiatan ini ada 3 sub tema yang di kembangkan yaitu Mappali di kecamatan Labakkang, Ma’rang dan Segeri.” Ungkapnya saat ditemui, Sabtu (26/11/2022).

Menurut Aziz, Mappalili adalah upacara adat yang diadakan sekali setahun saat memasuki musim tanam padi oleh masyarakat Labakkang, Marang dan Segeri. Ritual adat kearifan lokal masih dipertahankan hingga saat ini.

Baca juga:  Cuaca Buruk di Sulsel, Waspada Potensi Angin Kencang 3 Hari ke Depan

“Acara ritual adat ini menjadi daya tarik tersendiri oleh masyarakat di 3 kecamatan ini, Tidak hanya menghadirkan tokoh-tokoh masyarakat setempat, acara ini juga sering dihadiri oleh pejabat, wisatawan dan digandrungi oleh banyak remaja.” terangnya.

ADVERTISEMENT

Selain kegiatan Mappalili juga di tampilkan tradisi tarian tradisional yang sering mengiringi kegiatan Mappalili di tiga kecamatan tersebut.

Baca juga:  Mahasiswa Unhas ini Terpilih Jadi Duta Baca Pangkep 2022

Untuk menata kegiatan Pagelaran budaya dalam rangkaian Hari Guru Nasional dan Hari PGRI Ke 77 oleh UPT SMA Negeri 4 Pangkep. Sekolah menunjuk Event organizer dari kelas X yang tergabung dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Untuk semaraknya kegiatan Pagelaran Budaya ini, seluruh peserta Didik dan pembina dan Guru sekolah serentak memakai Baju adat dan aksesoris adat Bugis Makassar.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT