fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Perubahan Pita Cukai Rokok 2024 di Sulsel Mulai Disosialisasikan

Petugas Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagsel mulai mensosialisasikan mengenai perubahan desain pita cukai rokok untuk tahun ini, 2024.

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Petugas Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) mulai mensosialisasikan kepada jajaran mengenai perubahan desain pita cukai rokok untuk tahun ini, 2024. Sosialisasi diawali dan diperkenalkan di internal Kanwil Bea Cukai Sulbagsel. 

“Acara internalisasi menjadi wadah bagi para pegawai Bea Cukai untuk memahami dan menerapkan perubahan pita cukai ini,” tulis pesan edukasi yang dilansir dari akun resmi Instagram Bea Cukai Kanwil Sulbagsel Jumat, 19 Januari 2024.

Kepala Seksi Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan, Budi Riswanto, dan Pelaksana Pemeriksa, Harsono Saputra, memberikan wawasan mendalam terkait perubahan tersebut. Tema yang diusung pada desain pita cukai tahun 2024 adalah keberlanjutan lingkungan dengan fokus pada ikan dilindungi di Indonesia. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Gabungan Komunitas Pangkep Aksi Tanam Mangrove di Ekowisata Bulucindea 

Beberapa jenis ikan yang dilindungi, seperti ikan lumba-lumba, ikan hiu paus, ikan arwana, dugong/ikan duyung, dan ikan belida, menjadi inspirasi untuk desain yang lebih ramah lingkungan. Pengumuman itu juga disampaikan akun resmi Instagram Kanwil Bea Cukai Parepare. 

Kepala Seksi P2, Jufri Sanusi, yang menjelaskan, desain pita cukai edisi tahun 2024, termasuk elemen-elemen penting yang ada di desain terbaru tersebut. Pita cukai merupakan salah satu alat pembayaran cukai sekaligus instrumen pengawasan terhadap peredaran Barang Kena Cukai (BKC). 

Baca juga:  Tuai Kontroversi dan Komposisi Amburadul, Relawan di Makassar Minta Sekjen Timnas AMIN Dievaluasi

Sebagai bentuk mitigasi terkait plagiasi pita cukai dan peredaran pita cukai palsu, Bea Cukai secara kontinu melakukan perubahan desain pita cukai sekali dalam setahun. “Tahun 2024, desain pita cukai menggunakan tema ikan dilindungi di Indonesia, berupa ikan yang dilindungi di perairan air tawar maupun air asin di Indonesia,” tulisnya.

ADVERTISEMENT

Seperti ikan lumba-lumba, ikan hiu paus, ikan arwana, dugong/ikan duyung, dan ikan belida sebagai objek utama dalam desain. Beberapa hal penting terus dikembangkan dalam desain pita cukai ini, agar sekuritas nya terus terjaga dengan baik.

Baca juga:  RMS Utus Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Hadiri Pelantikan Ni’matullah

Pelaksanaan internalisasi identifikasi pita cukai tahun 2024, bertujuan agar seluruh jajaran pegawai Bea Cukai Parepare dapat mengenali dan mengidentifikasi keaslian pita cukai desain tahun 2024 dengan mudah yang tentunya sangat bermanfaat dalam melaksanakan pengawasan peredaran rokok ilegal di wilayah Parepare.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT