fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pesona Makkah di Masjid Ka’bah Alfatih Al Anshar Makassar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Ada satu lagi masjid di Kota Makassar, yang bentuknya menyita perhatian. Berbeda dengan tampilan pada umumnya, Masjid Al-Fatih Al Anshar berbentuk serupa dengan bangunan Ka’bah di Makkah. Masjid yang terletak di Jalan Paccinang Raya, Kecamatan Panakkukang, ini juga disebut tak memiliki kubah. 

Dilansir dari berbagai sumber, Senin, 18 Maret 2024, masjid ini berdiri sejak tahun 2014 lalu. Masjid didirikan oleh Mustamin Anshar, seorang konsultan keuangan pajak yang sangat suka dengan tampilan bangunan simbol pemersatu umat Islam di tanah suci tersebut. Itulah alasan kenapa, di belakang nama masjid tercantum atau disisipkan nama pendirinya. 

Baca juga:  Kilas Balik Bangunan Awal Masjid Raya Makassar yang Mirip Pesawat Perang Dunia II

Pendiri Masjid Al-Fatih Al Anshar saat mengunjungi Makkah merasakan kenikmatan saat beribadah di dekat Ka’bah. Ia pun terinspirasi untuk membangun sebuah masjid yang bentuknya menyerupai Ka’bah, alasannya adalah agar para umat islam yang melakukan ibadah di masjid tersebut merasakan kenikmatan dan sensasi beribadah bagaikan berada di Ka’bah. 

ADVERTISEMENT

Layaknya Ka’bah, bangunannya terletak di sudut kiri masjid saat hendak masuk. Miniatur Ka’bah berbentuk kotak hitam dengan lebar 7 meter dan tinggi 12 meter. Di salah satu sisi miniatur Ka’bah, juga terdapat batu hitam atau hajar aswad. Di beberapa sisi, nampak juga eksterior dinding kasar berupa tulisan kaligrafi yang mengitari bangunan. 

Baca juga:  Dosen PNUP Ajari Warga Sambueja Buat Sabut Sereh

Tak hanya memukau dari penampakan luar saja, di bagian dalam, jemaah tentu juga akan dibuat terpukau dengan beragam ornamen yang semakin menambah kental identitas Islam. Ada sejumlah kaligrafi di dalam bangunan masjid yang memanjakan mata untuk berlama-lama menikmati keindahan sembari melaksanakan ibadah di masjid ini. 

Saat bulan Ramadan, masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi. Tak sedikit dari masyarakat di Kota Makassar menghabiskan waktu di sekitar lingkungan masjid untuk beristirahat sembari menunggu waktu berbuka dengan menikmati kemegahan bangunan. Ada juga yang mengabadikan gambar dengan berswafoto berlatar miniatur Ka’bah Masjid Al-Fatih Al Anshar. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Bertahun-Tahun Rusak, Pemprov Sulsel Tangani Ruas Kabere Enrekang

(Foto: Tripadvisor.com)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

BK DPRD Sulsel Klarifikasi Calon Komisioner KPID Dugaan Pelanggaran PKPI 

Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulsel terus bergerak memproses dugaan pelanggaran aturan seleksi Calon Anggota KPID yang dilaksanakan Komisi A dengan memanggil sejumlah calon komisioner untuk diminta klarifikasi
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT