fbpx
No menu items!

Pintu Masuk Kota Makassar Diperketat

Promo

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan memperketat pintu-pintu masuk di Kota Makassar baik bandar udara, pelabuhan maupun jalur masuk darat.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto mengatakan, Pemkot Makassar akan melakukan double screening bagi warga yang hendak keluar masuk Kota Makassar.

Kebijakan ini diambil Danny setelah memantau perkembangan kasus Covid-19 di Kota Makassar. Ditemukan bahwa orang dengan Covid-19 di Kota Makassar justru didominasi oleh pendatang.

“Karena hasil dari pantauan kami, jumlah penderita covid yang asli di Makassar tidak lebih dari 10 orang. Kemarin kita dapat laporan 40 orang (positif). Pantauannya itu ternyata dari masuknya orang di gerbang-gerbang udara, gerbang laut dan gerbang darat,” jelas Danny, Senin (21/6/2021).

Baca juga:  Daftar Daerah yang Terapkan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus

Namun, Danny mengatakan kebijakan ini masih dalam perumusan. Ia juga masih akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terlebih dulu.

“Kita lagi rumuskan ini, kita lagi rapatkan. Targetnya minggu ini sudah harus dirumuskan,” kata Danny.

“Bukan tidak percaya hasil testing di bandara, di laut atau darat. Tapi kami mengantisipasi, kami lagi merumuskan namanya double screening gratis,” terang Danny.

Baca juga:  Danny Lantik 16 Pejabat Eselon II di Dermaga

Nantinya, warga yang masuk ke Kota Makassar baik melalui pintu bandara, pelabuhan maupun terminal, akan kembali menjalani test Covid-19 meskipun telah melakukan test di daerah asal. Hal ini untuk memastikan saat perjalanan mereka tidak terpapar Covid-19. Begitu pula dengan warga yang akan keluar dari Kota Makassar.

“Kemungkinan begitu keluar kita testing kembali, kemudian kita kasih stiker berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) jadi begitu masuk terbaca. Karena kami ingin memastikan kalau ada sesuatu lebih mudah tracing, Covid Hunter yang melacak keberadaanya,” jelas Danny.

Baca juga:  Boleh Gelar Hajatan, Ini Aturan Lengkap PPKM di Makassar

Khusus warga yang masuk melalui pintu bandara akan dilakukan pemeriksaan dokumen penumpang, menggunakan sistem scan QR Code.

“Kita sudah pakai sistem QR code. QR code dulu khusus untuk orang yang datang,” tambah Danny.

QR Code ini akan menampilkan bukti bahwa yang bersangkutan telah menjalani dokumen hasil tes swab PCR atau rapid test.

Mereka mendapatkan Pre-Clearance berupa QR Code di smartphone atau gadget. Kemudian, QR Code tersebut diperiksa check point 1 yang ada di bandara.

Baca juga:  Kehabisan Stok, Pemkot Booking 200 Ribu Vaksin

Dokumen perjalanan yang dipersyaratkan dapat diunggah ke aplikasi Travelation, yaitu RT-PCR (hasil negatif Covid-19) atau rapid test (hasil non-reaktif Covid-19) yang masih berlaku.

Selain itu, Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), surat pernyataan perjalanan dan surat perjalanan dari lembaga/instansi juga harus dilengkapi.

Baca berikutnya: Alhamdulillah, Sulsel Wilayah Zona Hijau Covid-19

Terkini

Danny Tegaskan Soal Aturan Berkendara Saat PPKM Level IV

Danny Pomanto menegaskan aturan perjalanan selama PPKM Level IV di Makassar hanya menyasar pada transportasi umum.

Populer

Berita Terkait