fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pj Gubernur Sulsel Target Tanam 1 Miliar Pohon Pisang, Ingin Jadi Produsen Terbesar Dunia  

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengungkap ingin menjadikan Sulsel sebagai provinsi produsen pisang terbesar dan nomor satu dunia.

“Pisang adalah buah yang sangat dekat dengan kultur budaya kita masyarakat Sulsel. Hampir semua makanan olahan kita di Sulsel, bahan dasarnya adalah pisang. Namun, belum ada budidaya pisang sebagai sumber pencaharian utama,” ungkapnya, Kamis, 28 September 2023.

Baca juga:  Mendagri Sebut Komposisi Pendapatan APBD Sulsel 2023 Tergolong Kuat

Bahtiar menjelaskan,  peluang ekspor pisang dari Sulsel sangat besar. Ia menargetkan, satu miliar pohon pisang bisa ditanam di Sulsel, dengan luas lahan yang dibutuhkan 500 ribu hektar.

ADVERTISEMENT

“Satu hektar lahan bisa ditanami dua ribu pohon pisang,” imbuhnya.

Jika dikalkulasi, kata Bahtiar, 2.000 pohon per hektar, sama dengan 2.000 tandan pisang. Jika dikalikan Rp100.000, akan menghasilkan Rp200 juta per hektare.

Baca juga:  Pemprov Sulsel Gelar Seleksi Atlet Basket Pornas XVI Korpri, Diikuti 34 ASN

“Apabila ditanam lima hektare, minimal menghasilkan Rp1 miliar. Masa panen 7 – 10 bulan dan bisa terus panen minimal lima tahun. Ini harga paling murah apabila beli di kebun,” urainya.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin telah mencanangkan Gerakan Gemar Menanam Pisang. Program ini menjadi gerakan bersama, dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat dan swasta.  

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT