fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

PKS Minta Anies Umumkan Pendampingnya pada 17 atau 18 Agustus

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — PKS mendesak calon presiden potensial dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, untuk segera menentukan calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden 2024.

Ketua DPP PKS, Al Muzzammil Yusuf, menyatakan bahwa partainya menganjurkan agar Anies mengumumkan calon wakil presidennya pada bulan Agustus ini.

“Jadi menurut kami momentum untuk pengumuman capres memang perlu segera. Bagus jika bulan Agustus ini. Sejalan dengan momentum 17 Agustus Kemerdekaan RI, dan 18 Agustus hari konstitusi,” kata Muzzammil dalam keterangannya, Jumat, 11 Agustus 2023.

ADVERTISEMENT

Ia menekankan bahwa pengumuman mengenai calon pendamping Anies perlu dipercepat guna memberikan kepastian kepada rekan-rekan di dalam koalisi serta masyarakat yang tengah menanti. Terlebih lagi, waktu yang tersisa menjelang kontestasi politik tidaklah lama.

Baca juga:  143 Kendaraan Listrik Disiapkan Dukung Pelaksanaan KTT G20

Di sisi lain, beberapa hasil survei menunjukkan tingkat respons yang kurang positif karena masih ada keraguan di kalangan publik mengenai kepastian niat calon untuk maju dalam pemilihan atau tidak.

“Momentum untuk konsolidasi berbagai kelompok masyarakat pendukung Anies juga semakin terbatas waktu,” katanya.

ADVERTISEMENT

Dia juga mengamati bahwa posisi partai, para elit politik, dan tokoh nasional telah tergambar dengan baik berdasarkan sumber informasi terbaru. Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, juga menyuarakan pandangan serupa.

Mereka menekankan pentingnya kejelasan dari Anies terkait calon wakil presiden yang akan menjadi pendampingnya.

Baca juga:  Target 500 Orang, Tamsil Linrung Pastikan Duet Anies-Cak Imin Hadiri Jalan Gembira di Makassar

“Seringkali kami mengatakan bahwa ketidakpastian, ketidakjelasan itu yang sering membuat orang tidak optimal, begitu pula masyarakat kita, masyarakat menunggu sebetulnya ini bagaimana kualitas perubahan ini,” kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat (11/8).

ADVERTISEMENT

Selain PKS dan Partai Demokrat, Koalisi Partai Perubahan (KPP) juga melibatkan Partai NasDem sebagai salah satu inisiatornya. Ketiga partai ini bersama-sama berkomitmen untuk mendorong mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai salah satu calon Presiden pada tahun 2024. Namun, hingga saat ini, Anies belum mengumumkan siapa calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

Baca juga:  Anies Baswedan, AHY dan Surya Paloh Bakal Unjuk Kekuatan di Makassar Pertengahan September

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa dalam komunikasi yang terjalin antara ketiga partai koalisi, Partai Demokrat sering menekankan pentingnya faktor waktu.

“Demokrat juga termasuk yang terdepan untuk mengatakan waktu itu sangat berharga, waktu sangat berharga, kami ingin segera melakukan berbagai hal yang efektif tepat sasaran,” katanya.

Walau demikian, AHY mengungkapkan bahwa nama calon wakil presiden (cawapres) telah diketahui oleh Anies Baswedan, dan saat ini hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya.

“Kami tunggu, tetapi tentunya kami juga memahami bahwa dinamika konstelasi politik terus bergerak, yang jelas kami ingin sukses dalam pemilu ini, bukan hanya sekadar ikut-ikutan,” katanya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT