fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Polemik Uang Transpor Bimtek KPPS, Begini Penjelasan KPU Makassar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Polemik soal uang transpor dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sempat jadi perbincangan hangat di media sosial, Instagram. Mereka mempermasalahkan kejelasan soal dana yang dijanjikan sesaat setelah pelantikan. 

Diketahui, KPU Makassar menggelar bimtek pada 26 Januari 2024 lalu. Usai pelaksanaan bimtek, akun Instagram KPU Makassar yang mengunggah sejumlah dokumentasi kegiatan langsung ramai dikomentari netizen. Sebagian diantaranya mengungkapkan pengalaman soal uang transpor tersebut.

Baca juga:  Segini Total Anggaran untuk Pilkada Makassar 2024

“Malam Min. Boleh Mungkin dibantu di up beritanya. Pihak KPU Makassar tidak membayarkan Transportasi Pelantikan Anggota KPPS kemarin, padahal telah dianggarkan dan KPU Kabupaten lainnya dapat,” tulis akun @tiaralarsty, yang dikutip dari kolom komentar akun resmi Instagram KPU Makassar, Senin, 29 Januari 2024.

ADVERTISEMENT

Polemik uang transpor itu direspon KPU Makassar. Mereka tak menampik bahwa memang uang transpor belum diberikan. Biaya transpor belum langsung dibayarkan karena ada mekanisme keuangan berdasarkan aturan kementerian keuangan yang sedang berproses.

Baca juga:  KPU Bakal Luncurkan Aplikasi SiTPS Pilkada 2024

Di Makassar bimtek anggota KPPS diikuti 28.028 orang. “Bimtek juga sementara masih berlangsung, sampai tanggal 31 januari,” kata anggota KPU Makassar, Abdi Goncing kepada jurnalis di Makassar. 

Abdi bilang, uang transpor untuk seluruh anggota KPPS dalam bimtek itu akan dibagikan bila prosesnya sudah rampung. Anggaran itu menurutnya memang sudah tersedia. Selain itu, sekarang ini masih ada proses revisi keuangan di KPU RI, sehingga ada sedikit perlambatan dalam proses pencairan anggaran.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ini 12 Jalan di Makassar Dilarang Pasang APK dan Kampanye

“Nanti kalau sudah kelar semua prosesnya, anggaran transportasi tersebut akan kami turunkan ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) untuk kemudian disalurkan ke seluruh KPPS di wilayahnya,” janjinya.

Besaran yang diterima KPPS, sesuai dengan aturan Kementerian Keuangan dalam  Standar Biaya Masukan (SBM) untuk perjalanan dalam kota, itu Rp100 ribu-Rp150 ribu. “Dalam mata anggaran kami, bunyinya pelantikan dan bimtek,” jelas Abdi Goncing. *STR

(Sumber foto: Instagram KPU Makassar)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT