Senin, 18 Januari 2021
No menu items!

Presiden Jokowi Bakal Resmikan Bandara Buntu Kunik dan Tol Layang Makassar

Headline

Jenazah Korban Sriwijaya Asal Makassar, Disambut Isak Tangis Keluarga

Isah tangis mewarnai kedatangan jenazah Ricko Maluhette di rumah duka jalan Puri Asri Raya No 11 Tello, Kota Makassar, Sabtu (16/1/2021).

Data Basarnas: 45 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa Sulbar

Data Basarnas Mamuju mencatat, 45 orang meninggal dunia, akibat gempa susulan yang mengguncang Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar).

Setelah Suntik Vaksin Tetap Terapkan Prokes

Ketua Tim Ahli Pengendalian Covid-19 Sulsel, Ridwan Amiruddin menegaskan, masyarakat tetap menerapkan prokes meskipun sudah disuntik vaksin.

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan meresmikan Bandara Buntu Kunik Tana Toraja dan Tol Layang AP Pettarani Makassar, pada Kamis (12/11/2020) mendatang.

Selain meresmikan mega proyek, Jokowi juga diagendakan akan menyerahkan Bantuan Presiden (Banpres) produktif untuk UMKM.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Biro Protokol Istana, Jusuf Permana, saat melakukan video conference dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel Abdul Hayat Gani, di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Senin (9/11/2020).

Rencananya, Pemprov Sulsel akan menyiapkan mobil PCR. Sehingga mereka yang mendampingi atau masuk ke lokasi acara akan di swab terlebih dahulu. Untuk memastikan bebas Covid-19.

Diketahui, Bandara Buntu Kunik dibangun di atas tanah seluas 141 hektare. Dengan panjang landasan pacu pada tahap awal sepanjang 1.600 meter, yang bisa didarati pesawat jenis ATR. Kemudian apron seluas 94,5 x 67 meter. Taxiway seluas 124,5 x 15 meter. Sedangkan luas bangunan terminal sekitar 1.000 meter persegi yang mampu menampung 150 penumpang.

Baca Juga:

Dengan hadirnya bandara baru ini, akan semakin memberikan nilai tambah pada perkembangan pariwisata di Toraja. Tentu dengan adanya bandara ini, akan semakin meningkatkan kunjungan wisata ke Toraja. Tidak lagi harus melalui darat dengan waktu tempuh delapan sampai 9 jam, tetapi sekarang hanya sekitar 40 menit saja.

Sementara itu, jalan Tol layang AP Pettarani merupakan proyek investasi dengan nilai Rp2,243 Triliun. Jalan Tol ini merupakan perpanjangan dari Jalan Tol Seksi I dan II serta tidak ada penambahan gerbang tol baru. Transaksi pembayaran tol akan dilakukan pada empat Gerbang Tol BMN yang ada, yaitu Gerbang Tol Cambaya, Kalukubodoa, Parangloe dan Tallo Timur.

Layar Terkini

Nurdin Abdullah Ingin Buah Lokal Tandingi Impor

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berharap dapat memajukan buah lokal, agar dapat menyaingi buah impor.

Berita Terkait