fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Presiden Jokowi dan Wali Kota Makassar Resmikan IPAL Losari

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, bersama Presiden Joko Widodo, meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Losari di Kawasan Metro Tanjung Bunga Makassa, Kamis (22/02/2024).

Peresmian ini menandai langkah penting dalam mengelola air limbah cair untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Presiden Jokowi menekankan bahwa sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari memiliki peran vital dalam meningkatkan kualitas lingkungan, air tanah, dan air baku, serta kesehatan masyarakat.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Polisi di Makassar Keliling Mal Pengamanan Momen Libur Lebaran

Dalam sambutannya, beliau menyoroti pentingnya kesadaran masyarakat dalam mengatasi masalah pencemaran lingkungan di Kota Makassar.

IPAL Losari, yang dibangun selama empat tahun dengan biaya mencapai Rp1,2 triliun, memiliki kapasitas yang besar, mampu melayani 41.000 kepala keluarga dengan kapasitas 16.000 m3/hari.

Teknologi terbaru digunakan dalam pengelolaan air limbah ini, yang memungkinkannya menjadi salah satu tipe yang mungkin akan digunakan di kawasan industri Ibu Kota Negara (IKN).

ADVERTISEMENT

Menurut penjabat Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, IPAL Losari mencakup daerah pusat kota atau downtown, yang melayani daerah dengan kemampuan pembayaran tinggi.

Baca juga:  Pencarian 21 Korban Kapal Terbalik di Perairan Selayar Diperluas Lewat Udara

Daerah-daerah dengan kemampuan pembayaran yang rendah dilayani melalui Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT), yang merupakan percontohan di Indonesia.

Dalam upaya untuk menjaga kualitas air tanah dan air baku, Pemerintah Kota Makassar berencana membangun multi utility tunnel, di mana semua kabel, pipa, dan listrik akan ditempatkan di bawah tanah.

ADVERTISEMENT

Hal ini sejalan dengan upaya edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu pencemaran lingkungan.

Baca juga:  Viral Kontes Waria di Makassar, Tripika Bontoala Sudah Hentikan

Peresmian IPAL Losari dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Acara ini ditandai dengan menekan tombol sirene, yang menandai pembukaan saluran air dan penandatanganan prasasti, sebagai simbol dimulainya operasional IPAL Losari.

Langkah ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat di Kota Makassar serta memberikan dampak positif dalam upaya pengelolaan air limbah secara terintegrasi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Gebrakan Asmo Sulsel, Kenalkan Seri Terbaru Honda BeAT di Ambon

Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, meluncurkan All New Honda BeAT series terbaru
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT