fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Proyek KA Trans Makassar-Parepare Target Rampung Maret 2022

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Proyek Kereta Api (KA) trans Makassar-Parepare ditargetkan rampung pada Maret 2022 dengan kucuran anggaran sebesar Rp6 triliun dari APBN.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur, Jumardi, mengatakan bahwa ada perpanjangan sekitar tiga bulan dari target awal. Sebelumnya rute ini ditargetkan rampung pada akhir 2021.

“Paling lambat Maret 2022, memang ada perpanjangan karena proses pengelolaan tanahnya terlambat dimulai bukan karena penolakan masyarakat, 70 persen Masyarakatnya setujuh di tempat,” ujarnya saat menjadi panel diskusi pada FGD Fakultas Teknik Unhas, Selasa (6/4/2021).

ADVERTISEMENT

Ia menjelaskan, pengerjaan proyek kereta api ini juga terdampak Pandemi Covid-19, sehingga progresnya mulur dari target awal.

Baca juga:  Pemprov, Kejati, Polda, dan Bawaslu Sulsel Komitmen Tegakkan Gakkumdu di Pemilu 2024

“Dulu memang prosesnya agak lambat, karena diawali pandemi dan BPN turun mengukur inventarisasi ya sangat terbatas. Jadi itu kendalanya kalau masalah lahan tidak ada penolakan,” katanya.

Meski begitu, ia mengakui bahwa sempat ada penolakan dari masyarakat terhadap nilai ganti rugi lahan yang dinilai sangat rendah.

ADVERTISEMENT

“Memang spesifik kalau Makassar-Parepare ini khususnya di Pangkep dan Maros pada awalnya memang penolakan masyarakat. Mungkin karena ekspektasi masyarakat terlalu tinggi. Karena ini proyek strategis nasional tapi lama kelamaan sudah berubah di masyarakat karena sosialisasinya sudah masif kita lakukan,” terang Jumardi.

Baca juga:  Jalan Batas Soppeng-Sidrap Mulai Dikerjakan, Pemprov Sulsel Siapkan Anggaran Rp14,88 Miliar

“Jadi insya Allah dukungan dari masyarakat semua pengadaan lahan ini akan selesai dua bulan ke depan paling lambat sehingga komtruksi bisa dipercepat,” tambahnya.

Perlintasan KA Makassar-Parepare ini terdiri dari dua jalur yakni, Tanete Rilau-Palanro sepanjang 42,8 kilometer dan Mandai-Mandalle akan membentang 102,4 kilometer.

ADVERTISEMENT
Penambahan Panjang Rute Makassar

Khusus rute Makassar jalur perlintasan KA akan diperpanjang dari Mandai ke Parangloe. Tahap pertama penambahan perpanjangan rute tersebut rencananya akan dilakukan pada tahun 2022.

“Tahun depan kita sudah rencanakan itu memperpanjang dari mandai ke Parangloe tahap pertama, jadi sagmen Makassar New Port (MNP) kita bagi dua tahap sampai Parangloe, yang Makassar New Port itu tahap selanjutnya karena harus disesuaikan tata ruang yang sedang di finalisasi sekarang,” jelas Jumardi.

Baca juga:  Reses, Orang Tua Siswa Keluhkan Sistem Zonasi

Ia menambahkan, rencana perpanjangan jalur KA rute Makassar ini telah diusulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas RI).

“Itu sudah di usulkan ke Bappenas, sekitar 750 miliar, bukan hanya untuk tujuh setengah pembangunan itu tetapi ada pembangunan kantor balai, ada fly over pembangunan akses, termasuk fasilitas yang lain yang belum tercover dananya pada tahapan ke tiga ini,” jelasnya.

Baca beriktunya: Musda XV XV DPD KNPI Kota Makassar Digelar April 2021

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT