Rekan Pilot Lion Air yang Diusir dari Pesawat Turkish Airlines: Dia Dipukul Duluan

0
241

LAYAR NEWS, JAKARTA — Pilot Lion Air berinisial MJ disebut terlebih dahulu dipukul oleh pramugara Turkish Airlines saat menumpang pesawat maskapai tersebut dari Istanbul, Turkiye, menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pada Selasa (11/10/2022).

Menurut Supri Abu, rekan MJ sesama pilot, MJ berusaha membela dirinya yang saat itu dituding sebagai penumpang yang menganggu.

“Menurut korban, dia dipukul duluan oleh pramugara atas nama (inisial) M,” kata Supri saat dikonfirmasi pada Jumat (14/10/2022) dilansir Kompas.

Dalam jumpa pers di kediaman MJ, Kompleks Griya Loka BSD, Tangerang Selatan, Kamis (13/10/2022) malam, Supri menjelaskan, mulanya MJ yang hendak salat subuh melihat ada penumpang lain membawa anjing yang disembunyikan di balik selimut.

Baca juga:  Raker SMSI, Plt Kadis Kominfo Makassar Tekankan Pentingnya Kolaborasi Media dan Pemerintah

Anjing itu sempat melompat dan menjilat celana MJ.

“Beliau muslim taat selalu menjaga wudunya, tentu saja orang seperti ini sangat terganggu dengan kondisi seperti itu,” ujar Supri.

MJ kemudian menegur pramugara dan mempertanyakan mengapa anjing itu tidak berada di dalam kandang.

“Terjadi mungkin adu argumen yang keras yang menyebabkan korban dipukul duluan, di situ beliau membela diri. Enggak tahu kenapa penumpang lain ikut memukul korban,” kata Supri.

Supri berujar, beberapa penumpang di dalam pesawat ikut-ikutan memukul MJ. Bahkan, ada penumpang yang menusuk MJ dengan pisau makan hingga kepala MJ berdarah.

Baca juga:  Tim PKM Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar Gelar Pelatihan Publik Speaking

“Ujung-ujungnya beliau pasrah, mungkin dianggap penumpang tidak bisa diatur. Beliau diikat, setelah bonyok diikat. Mungkin beredar video beliau membela diri,” ujar Supri.

Dalam jumpa pers tersebut, istri MJ, Puti Intan Ageyani Boudewijn, membantah suaminya mabuk.

Sementara itu, polisi memberikan penjelasan berbeda soal keributan di dalam pesawat Turkish Airlines.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, MJJB alias MJ diduga dalam kondisi mabuk saat menumpang pesawat Turkish Airlines.

Pramugara yang bertugas di dalam pesawat tersebut kemudian menegur dan meminta MJJB agar tertib selama penerbangan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga:  Viral Kontes Waria di Makassar, Tripika Bontoala Sudah Hentikan

“Saat di pesawat diminta tertib oleh crew atau pramugara, tetapi tidak mau. Akhirnya melakukan pemukulan kepada pramugara,” kata Zulpan, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Karyawannya Pukul Pramugara Turkish Airlines, Lion Air: Itu Tanggung Jawab Pribadi

Tindakan pelaku yang membahayakan perjalanan pesawat itu pun memancing amarah penumpang lain di dalam pesawat. MJJB akhirnya menjadi sasaran pukul dan mengalami sejumlah luka.

Atas kejadian itu, kata Zulpan, pihak maskapai memutuskan untuk langsung menurunkan MJJB di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

“Karena terjadi kegaduhan di atas pesawat, kemudian pesawat Turkish Airlines menurunkan penumpang WNI yang luka di Bandara Kualanamu,” kata Zulpan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini