fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Rupiah Menguat Dipengaruhi Aktivitas Sektor Jasa AS Lebih Lemah

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di akhir perdagangan Kamis menguat dipengaruhi aktivitas sektor jasa Amerika Serikat (AS) yang lebih lemah dari ekspektasi.

Kurs rupiah ditutup naik 27 poin atau 0,17 persen menjadi Rp15.893 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.920 per dolar AS.

“Aktivitas sektor jasa AS yang lebih lemah dari perkiraan, yang telah meredakan kekhawatiran akan tindakan hawkish oleh Federal Reserve sehingga turut melemahkan kinerja mata uang dolar AS,” kata analis ICDX Taufan Dimas Hareva kepada ANTARA di Jakarta, Kamis (04/04/2024) dilansir antaranews.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Rupiah Turun Ditengah Pasar Menunggu Rilis Inflasi Domestik

Taufan menuturkan kinerja mata uang rupiah berpotensi menguat menjelang penutupan perdagangan pekan ini, karena kinerja mata uang dolar AS yang sedang menghadapi tantangan di sesi sebelumnya menyusul rilis data ekonomi beragam dari AS, yang menunjukkan perubahan ketenagakerjaan ADP lebih kuat tetapi angka PMI Jasa ISM lebih lemah.

Perubahan Ketenagakerjaan ADP AS meningkat sebesar 184 ribu di bulan Maret, melampaui kenaikan pada Februari sebesar 155.000 dan melampaui konsensus pasar sebesar 148.000.

Baca juga:  Peringati Hari Keluarga Nasional, Pelindo IV Gelar Vaksinasi Gratis

Sementara itu, IMP Jasa ISM AS turun menjadi 51,4 di bulan Maret dari 52,6 di bulan Februari, kurang dari perkiraan sebesar 52,7.

ADVERTISEMENT

Selain itu, komentar Ketua bank sentral AS atau The Fed Jerome Powell tentang penurunan suku bunga turut menekan dolar AS.

Jerome menegaskan kembali kesiapan bank sentral AS untuk menurunkan suku bunga, meskipun dengan pendekatan yang bergantung pada data.

Baca juga:  Berikut Cara Menggunakan E-Wallet KasPro di Aplikasi Maxim

Selanjutnya, pernyataan Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mendukung penurunan suku bunga pada kuartal terakhir tahun 2024, juga menarik perhatian yang signifikan.

ADVERTISEMENT

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis meningkat ke level Rp15.907 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.923 per dolar AS.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT