fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Saat Pindah Memilih, Ini Surat Suara yang Bisa Didapatkan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Bagi pemilih yang akan pindah memilih, perlu mengetahui surat suara apa saja yang akan diterima. Itu tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pemilu.

“Siapa nih #SahabatBawaslu yang sudah mengurus pindah memilih di tanggal 14 Februari nanti ? Ada perbedaan jumlah surat suara yang didapat loh, sahabat. Apa aja sih perbedaannya ?” tulis akun resmi Instagram Bawaslu Sulsel yang dilansir Senin, 29 Januari 2024.

Baca juga:  Resmi Merapat ke Prabowo, Golkar Sulsel Harap Airlangga Cawapres

Pada saat pemungutan suara pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) akan diberikan surat suara dengan jumlah tertentu sesuai dengan variasi pindah memilih. Ada lima jenis surat suara jika pindah memilih desa, kelurahan atau kecamatan lain di dalam kabupaten-kota, dan daerah pemilihan DPRD kabupaten-kota.

ADVERTISEMENT

Yakni, surat suara Presiden dan Wapres, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten atau kota. Kemudian, empat surat suara jika pindah memilih ke kecamatan atau kabupaten atau kota di dalam provinsi dan daerah pemilihan DPRD provinsi tapi berbeda dapil DPRD kabupaten atau kota.

Baca juga:  Gugatan Ditolak: Pileg 2024 Tetap Gunakan Sistem Pemilu Terbuka, Caleg Tetap Dicoblos

Surat suara meliputi Presiden dan Wapres, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi. Berikutnya tiga surat suara jika kita pindah memilih kabupaten atau kota lain di dalam provinsi dan DPR tetapi berbeda dapil DPRD provinsi. Surat suara meliputi Presiden dan Wapres, DPR RI, DPD RI. 

Kemudian dua surat suara jika pindah memilih ke kabupaten atau kota lain dalam satu provinsi tetapi berbeda dapil DPR RI (satu dapil DPR RI terdiri dari beberapa kabupaten). Surat suara yang didapatkan yakni Presiden dan Wakil Presiden serta DPD RI.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Hal Apa Saja yang Penting Diperhatikan Saat Mencoblos di TPS

Dan satu sura suara jika pindah memilih ke provinsi lain atau pindah memilih ke suatu negara. Surat suara yang didapatkan hanya surat suara Presiden dan Wakil Presiden. Semoga artikel ini dapat mengedukasi kita semua tentang proses kepemiluan. 

(Sumber foto: desasalam.gunungkidulkab.go.id)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT