fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sahkah Wudhu Menggunakan Air Mineral?

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Air mineral sering digunakan sebagai alternatif untuk keperluan apapun yang mendesak. Bahkan tak sedikit dari kita, khususnya umat Islam yang menggunakan air mineral untuk berwudhu. Namun, muncul pertanyaan mengenai sahkah wudhu dengan air mineral?

Air mineral sendiri merupakan air biasa yang telah melalui proses pembersihan bakteri. Sumber airnya dapat berasal dari air hujan, air sumur, air laut, atau air biasa lainnya. Proses pembersihan tersebut melibatkan teknologi seperti sinar ultraviolet atau sinar ozon. 

Baca juga:  Kiper PSM Masuk 5 Besar Penyelamatan Terbanyak Liga 1

Meskipun dulunya sinar ultraviolet banyak digunakan, namun karena dampak bahayanya, kini sinar ozon dianggap sebagai alternatif yang lebih aman. Dari sudut pandang agama Islam, air mineral dianggap sebagai air mutlak yang suci dan mampu mensucikan. 

ADVERTISEMENT

Dilansir dari laman resmi, Muhammadiyah, Senin, 18 Maret 2024. dalil yang mendukung kesucian air biasa yang berasal dari laut dan kemudian menjadi air sumur dapat ditemukan dalam Al-Qur’an, seperti surat Al-Furqan ayat 48 yang menyatakan, “Dan Kami turunkan dari langit air yang suci/bersih.”

Baca juga:  3 Hari Pencarian, Pemancing Hilang di Luwu Ditemukan

Selain itu, surat Al-Anfaal ayat 11 juga menegaskan, “Dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengannya.” Hadis juga memberikan petunjuk terkait kebolehan menggunakan air laut untuk berwudhu, sebagaimana jawaban Nabi Muhammad SAW ketika ditanya tentang hal tersebut lantas menjawab: “Laut itu airnya suci, bangkainya pun halal.“

Dengan dasar-dasar tersebut, umat Islam memiliki keleluasaan dalam menggunakan air mineral untuk berwudhu. Kesucian air mineral dan keselamatan teknologi yang digunakan dalam proses penyuciannya menjadikannya pilihan yang dapat dipertimbangkan. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Penentuan 1 Ramadhan Muhammadiyah dan Pemerintah, Ini Kata Tokoh Pemuda Makassar

Hal ini mencerminkan evolusi metode pembersihan air sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga umat Islam dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan dalam ketaatan agama. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan kita. 

Sumber: https://muhammadiyah.or.id/2023/12/bolehkah-berwudhu-dengan-air-mineral/

(Foto: ganesaryudha.com)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT