fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sambangi Pemkab Lutim, Ini Pesan Kepala BPK Sulsel

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, LUTIM – Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Paula Henry Simatupang, melakukan kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Kunjungan Henry ini diterima oleh Sekretaris Daerah Lutim, Bahri Suli, di Aula Rumah Jabatan Bupati, Kamis (03/02/2022).

Pada Kunker tersebut, Paula Henry melakukan sosialisasi terkait pengelolaan keuangan daerah. Dia menjelaskan bahwa satu-satunya lembaga pemeriksa keuangan negara ialah BPK.

ADVERTISEMENT

“Adapun tugas BPK ialah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, menyerahkan hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara kepada DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya,” ujarnya.

Baca juga:  RSUD I Lagaligo Lutim Terapkan Pelayanan Melalui Aplikasi

Pemeriksaan yang dilakukan, lanjutnya, merupakan proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Maka, Dia meminta dalam pemeriksaan laporan pelaksanaan anggaran Pemda menjalin komunikasi dengan pemeriksa. Serta tidak langsung ketakutan saat muncul Laporan Hasil Pemeriksaan atau LHP.

ADVERTISEMENT

“Kalau ada pemeriksaan, bangun komunikasi dengan pemeriksa, jangan sampai pemeriksa menyajikan LHP berdasarkan data yang terbatas, dan kalau ada LHP, jangan ketakutan tapi ditindaklanjuti,” pesan Henry.

Baca juga:  Gelar Operasi Pasar, Disdagkoprinum Lutim Gelontorkan 1.700 Liter Minyak Goreng

Sementara itu, Sekda Lutim, Bahri Suli mengatakan, kehadiran Kepala BPK RI Sulsel ini bisa memberikan motivasi dalam rangka perbaikan pengelolaan keuangan di Lutim. Sehingga bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sebagai gambaran bahwa Kabupaten Luwu Timur sudah menerima Opini WTP atas laporan keuangan BPK sebanyak 9 kali,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, Bahri Suli berharap ada arahan dan petunjuk kepada jajaran Pemerintah Lutim agar pengelolaan keuangan di Lutim bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga:  Pengelolaan Keuangan DPRD Makassar Tahun 2020 Bebas Temuan

“Kami juga berharap pada audit awal ini semoga bisa memberikan bimbingan, jika ada hal-hal yang mungkin perlu pembenahan lebih awal, sehingga laporan keuangan yang di plot nantinya oleh Kabupaten Luwu Timur bisa lebih baik kedepan,” tandasnya.

Baca berikutnya: RSUD I Lagaligo Lutim Terapkan Pelayanan Melalui Aplikasi

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT