fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sederet Pesan Menyejukkan Menggema di Haul ke-18 Puang Ramma

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Haul ke-18 mengenang kepergian, ulama kharismatik, Allahu Yarham Syekh Sayyid KH Djamaluddin Assegaf Puang Ramma, telah digelar. Pelaksanaan agenda religius ini diketahui berlangsung di Aula Arafah, Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Minggu, 11 Februari 2024. 

Ribuan jemaah Pengurus Pusat Jamiyyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassary memadati lokasi kegiatan tersebut. Termasuk beberapa pejabat tinggi daerah hingga tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Selain berdoa dan berzikir, beragam pesan mencerahkan dan menyejukkan juga diserukan dalam kegiatan ini. 

Ketua Umum Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makassariy, Anwar Abubakar, menyampaikan saat ini jamaah Tarekat Khalwatiyah semakin bertambah. Tongkat kemursyidan dilanjutkan oleh Puang Makka jamaah Khalwatiyah mencapai angka 40.000-an pengikut dan tersebar di berbagai wilayah dan daerah di Nusantara.

ADVERTISEMENT

Sosok Puang Ramma adalah tokoh kharismatik dan ulama sufi dan pejuang umat dalam empat zaman. Sejak masa Jepang, Belanda, Orde Lama dan Orde Baru, yang banyak mewarnai aktivitas keagamaan masyarakat di Sulsel. “Karenanya pengikut, murid dan ajaran Puang Ramma menembus jauh ke seluruh pelosok Nusantara,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima dari Bidang Humas Kemenag Sulsel, Minggu, malam.

Baca juga:  Peringatan untuk ASN Kemenag Sulsel: Jangan Pungli

Kapolda Sulsel, Irjen Andi Rian Ryacudu Djajadi, menyatakan, pihaknya ingin bersinergi dengan baik dengan seluruh jamaah Khalwatiyah dalam rangka mewujudkan Kamtibmas. “Sehingga kita saling menjaga dan saling menghormati antar umat beragama sebagai implikasi rahmatan lil alamin,” ucapnya.

Menurut Kapolda, bahwa dikisahkan bahwa Puang Ramma dalam dakwahnya sangat menyejukkan, memposisikan diri sebagai ayah bagi umat dalam kepada masyarakat tanpa mengenal latar belakang, ras, suku dan agama.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Lantik 91 PPPK Kemenag Sulsel, Kakanwil Minta Berikan Layanan Terbaik Bagi Umat 

“Puang Ramma selalu menjadi contoh kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan, ketertiban, kenyamanan dan keutuhan, kebersamaan dan kemaslahatan di tengah-tengah masyarakat. Itulah bahwa beliau adalah yang kita teladani,” terangnya.

Mursyid Tareqat Khalwatiyah, Syekh Yusuf Al Makassary Habib Syekh Abdurrahim Assegaf, yang akrab disapa Puang Makka yang juga merupakan salah satu putera Puang Ramma, menyampaikan bahwa yang dikenang pada Haul ini, bukan semata kepergian sosok Puang Ramma. 

Tapi lebih jauh dari itu, bagaimana kita selaku murid, pelanjut dan muhibbin (Pencinta) juga harus menyebarkan ajarannya, melaksanakan pesan dan wasiatnya, sehingga kita semua bisa masuk dalam kategori umat yang bisa diberikan syafaat oleh Baginda Rasulullah SAW,” pesannya. 

ADVERTISEMENT

Lebih jauh, Puang Makka juga menginstrusikan kepada jamaah atau muhibbin agar senantiasa membantu dan bersinergi dengan pemerintah, TNI-Polri dalam upaya meningkatkan dan menjaga Kamtibmas dalam kehidupan sosial dimanapun kita berada.

Baca juga:  Desa Wisata di Sulsel Segera Bersertifikasi Halal, Segini Target Cakupannya

Puang Makka juga menyampaikan satu pesan Puang Ramma, yakni bersifatlah seperti sifat air, selain bisa dimaknai sebagai sumber kehidupan selalu melihat ke bawah, serta menjadi penyejuk bagi seluruh umat. Putera Puang Ramma ini juga berpesan kepada seluruh jemaahnya agar menjadi tauladan dan penenang di tengah masyarakat.

Termasuk dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan, Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari ini. “Sehingga pelaksanaannya bisa berlangsung sukses, aman dan damai, dan kita kumpul disini juga salah satunya untuk bermunajat kepada Allah SWT melalui keberkahan para Wali-wali Allah dan Anregurutta, tutupnya.

(Sumber foto: Kemenag Sulsel)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT