fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Segini Jumlah Calon Jemaah Haji Sulsel yang Sudah Lunasi Bipih

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Kementerian Agama (Kemenag) RI, melalui Kementerian Agama Sulawesi Selatan, melaporkan bila ribuan calon jemaah haji asal Sulawesi Selatan, telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk pemberangkatan tahun ini 2024.

“Alhamdulillah, Khusus untuk Sulsel, jemaah haji yang melunasi biaya haji berdasarkan data per tanggal 31 Januari 2024 sudah ada 4621 jemaah atau sudah 61,57 persen dari 7740 kuota jemaah haji Sulsel tahun ini,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Ikbal Ismail dilansir dari laman resmi Kemenag Sulsel, Jumat, 2 Februari 2024.

Pelunasan Bipih tahap I dibuka sejak 10 Januari 2024. Untuk Skala Nasional, Kemenag mencatat sudah lebih 113 ribu jemaah haji reguler yang melunasi. Menurut Ikbal, ini progress yang cukup baik, apalagi dengan jumlah demikian, Sulsel sudah masuk dalam posisi 10 besar jumlah pelunasan haji secara nasional. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Peringatan! Jemaah Umrah Indonesia di Arab Saudi, Segera Pulang karena Hal Ini

Menurut mantan Kepala UPT Asrama Haji Makassar ini, mulai tahun ini, memenuhi syarat Istitha’ah kesehatan menjadi salah satu persyaratan bagi jemaah yang masuk alokasi kuota keberangkatan untuk melunasi Bipih. 

“Sampai hari ini, untuk Sulsel tercatat ada 5583 jemaah yang sudah periksa dan memenuhi syarat istithaah kesehatan, sedangkan Jemaah Haji yang masuk kategori cadangan berjumlah 806 orang” sebut Ikbal.

“Bila jemaah haji yang masuk kategori pelunasan pertama, tidak melakukan pelunasan sampai dengan tanggal 12 Februari 2024, maka secara otomatis jemaah tersebut masuk dalam prioritas pemberangkatan untuk tahun berikutnya,” tambah Kabid PHU Sulsel ini.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Termasuk Embarkasi Makassar, Segini Besaran Biaya Haji 2024 dan Tahap Pelunasannya

Jemaah yang sudah diperiksa dan memenuhi syarat istitha’ah kesehatan, dapat melakukan pelunasan Bipih. Merujuk dalam Keputusan Dirjen PHU Nomor 83 Tahun 2024 tentang mekanisme pelunasan bagi jemaah haji reguler masuk alokasi kuota keberangkatan tahun ini sebagai berikut:

1). Jemaah haji melakukan pembayaran Bipih pada Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih yang sama dengan setoran awal atau BPS Bipih pengganti;

2). Pembayaran Bipih jemaah haji adalah sebesar besaran Bipih per embarkasi dikurangi setoran awal Bipih dan virtual account dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH);

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Tak Ada Larangan Mudik, Ini Kata Satgas Covid-19

3). Jemaah haji yang telah melakukan pembayaran Bipih melapor ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. 

Indonesia tahun ini mendapat 221.000 kuota haji. Selain itu, tambahan kuota sebanyak 20.000 jemaah. Sehingga, total kuota haji Indonesia 2024 berjumlah 241.000 orang. Pelunasan Bipih tahap pertama dibuka dari 10 Januari hingga 12 Februari 2024. 

Tahap pertama ini diperuntukkan bagi jemaah haji masuk alokasi kuota keberangkatan pada musim haji tahun berjalan, prioritas jemaah haji reguler lanjut usia dan jemaah haji reguler cadangan. 

(Sumber foto: Kemenag Sulsel)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT