fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Segini Total Warga Binaan Pemasyarakatan se-Sulsel yang Sudah Mencoblos di Pemilu 2024

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mengumumkan bahwa sebagian besar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di wilayah hukumnya telah menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak dalam laporannya mengatakan, ribuan warga binaan tersebar di berbagai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) hingga Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). 

“Dari total 10.874 WBP, tercatat 10.653 WBP yang terdiri dari 9.850 laki-laki dan 803 perempuan ikut pemilu tahun ini. Data ini merupakan sebaran dari seluruh Lapas, Rutan, dan LPKA di Sulsel,” kata Liberti dalam keterangan tertulis yang diterima jurnalis, Jumat, 16 Februari 2024.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Redakan Stres Usai Pemilu 2024 dengan Terapi Religi

Liberti menjelaskan bahwa rekapitulasi tersebut berdasarkan Laporan Progres Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) oleh Divisi Pemasyarakatan per tanggal 11 Februari 2024.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Yudi Suseno menambahkan, bahwa dari total 10.653 orang WBP tersebut, 4.906 merupakan jumlah DPT yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), 4.512 merupakan DPTb, dan 1.235 orang WBP merupakan calon DPK. 

Baca juga:  Tepis Isu Keretakan, Danny Pomato Merasa Nyaman Didampingi Istri Ketua NasDem Sulsel

Yudi ungkapkan, pihaknya sebelumnya terus berkoordinasi dengan KPU setempat, guna memastikan bahwa pemenuhan hak memilih bagi WBP yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dapat berjalan dengan baik.

ADVERTISEMENT

“Setiap WBP memiliki hak yang sama untuk tetap terlibat dalam proses demokrasi dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” ungkap Yudi. 

Yudi jelaskan bahwa pihaknya bersama jajaran KPU setempat telah menyiapkan 40 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 24 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Sulsel. “Melalui TPS ini, kita optimis para WBP dapat memenuhi haknya dengan baik,” imbuh Yudi. 

Baca juga:  Tim SAR Gabungan Masih Cari ABK Terjatuh Saat Cari Ikan di Sungai Sinjai

Yudi juga mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian setempat guna memastikan pengawasan dan keamanan selama Pemilu di Lapas/Rutan tetap berjalan kondusif.

ADVERTISEMENT

“Kita pastikan terus mengedepankan asas netralitas dan profesionalitas dalam memastikan Pemilu ini berjalan lancar dan hasilnya yang akuntabel. Semoga saja aman dan kondusif,” pungkas Yudi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Sosialisasi Operasi Patuh Pallawa 2024 di Makassar Hingga ke Warkop

LAYAR NEWS, Makassar - Memasuki hari ketiga Operasi Patuh Pallawa 2024, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar melaksanakan sosialisasi kepada...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT