fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Segudang Manfaat Air Soda bagi Kesehatan, Bisa Jaga Berat Badan Loh!

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Air soda atau carbonated water tentunya segar dan nikmat. Namun, dibalik rasa yang ditawarkan, air soda juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan loh!

Air soda adalah air yang terbentuk dari proses karbonasi, sehingga di dalamnya terdapat buih gas karbon dioksida. Proses karbonasi tersebut dapat terjadi secara alami di mata air atau secara buatan dengan menambahkan gas karbon dioksida ke dalam air.

Umumnya soda juga mengandung natrium, magnesium, kalium, atau kalsium. Beragam mineral inilah yang dipercaya dapat membuat air soda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

ADVERTISEMENT

Berikut adalah beberapa manfaat air soda bagi kesehatan seperti dikutip dari Alo Dokter:

Melancarkan pencernaan

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi air soda dapat membantu dan mencegah seseorang mengalami konstipasi. Hal itu karena adanya magnesium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, sehingga akan mempermudah untuk buang air besar.

ADVERTISEMENT

Mencegah dehidrasi

Agar terhindar dari dehidrasi asupan cairan tubuh perlu tercukupi, yakni dengan minum air putih yang cukup. Namun, jika bosan minum air putih, bisa menggantinya dengan minuman lain seperti air soda, jus buah segar, teh, atau infused water.

Baca juga:  Ini Cara Bedakan Batuk Biasa dengan Batuk Covid-19

Air soda maupun air putih sama-sama bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sehingga baik untuk membantu mengatasi dan mencegah dehidrasi.

ADVERTISEMENT

Memberikan rasa kenyang dan menjaga berat badan

Manfaat air soda selanjutnya adalah memberikan rasa kenyang dan menjaga berat badan. Riset menyebutkan bahwa minum air putih atau air soda setidaknya 30 menit sebelum makan bisa membuat tubuh lebih cepat kenyang, sehingga bisa mengurangi porsi makan dan tidak makan berlebihan.

Dengan begitu, akan lebih mudah mengontrol nafsu makan dan berat badan pun bisa lebih mudah dijaga. Namun, untuk manfaat yang satu ini, pilihlah air soda yang tidak mengandung banyak gula.

Membantu mengatasi gangguan menelan

Air soda kaya akan gas karbon dioksida yang baik untuk meningkatkan kemampuan menelan di tenggorokan, terutama pada lansia dan penderita disfagia.

Riset menunjukkan bahwa konsumsi air berkarbonasi, yakni air soda, dapat membantu membersihkan tenggorokan dan merangsang kemampuan menelan tubuh, sehingga bisa membantu orang yang mengalami masalah susah menelan untuk bisa makan dan minum lebih lancar.

Baca juga:  Memberi Makan Es Krim pada Bayi, Bolehkan?

Meski demikian, gangguan menelan disfagia belum terbukti bisa diobati dengan air soda. Oleh karena itu, jika mengalami gangguan menelan tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan.

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit

Suatu riset menyebutkan bahwa kandungan gas karbon dioksida, mineral, dan air pada air soda bermanfaat untuk melancarkan aliran darah pada kulit serta membersihkan kulit dari debu dan kuman.

Oleh karena itu, Kamu bisa mencoba menggunakan air soda untuk mandi dan mencuci muka, agar kulit Anda tetap bersih dan sehat. Namun, agar lebih aman, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu jika pernah atau sedang menderita penyakit kulit tertentu, ya.

Mengobati keracunan jengkol

Manfaat air soda selanjutnya adalah mengobati keracunan jengkol. Riset menunjukkan bahwa konsumsi air soda mampu menyembuhkan kerusakan ginjal akut akibat keracunan jengkol.

Ini karena air soda bisa meningkatkan keasaman (pH) dalam darah, sehingga kadar pH ginjal yang terlalu asam dapat kembali seimbang.

Memelihara kesehatan tulang

Baca juga:  Memutihkan Wajah, Begini Cara Membuat Masker dari Lidah Buaya

Air soda yang mengandung kalsium dan magnesium berkhasiat untuk memelihara kesehatan tulang. Menurut sebuah studi, air berkarbonasi dengan kandungan kedua mineral ini disebut bisa membantu membuat tulang menjadi lebih kuat.

Meski begitu, asupan kalsium dari air soda saja tidaklah cukup, karena kebutuhan kalsium yang disarankan untuk tulang yang sehat adalah 1.200 mg per harinya.

Untuk menjaga kekuatan tulang, perlu mengonsumsi sumber kalsium dan vitamin D, seperti susu, keju, yoghurt, tahu, dan bayam. Selain itu, juga perlu rutin berolahraga, misalnya dengan berjalan, berlari, berenang, yoga, bermain tenis, atau bulu tangkis.

Hindarilah konsumsi air soda yang mengandung asam fosfat, karena zat ini justru malah bisa mengganggu proses penyerapan kalsium ke tulang, sehingga tulang berisiko mudah keropos dan melemah.

Nah, itulah beberapa manfaat air soda bagi kesehatan. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya air soda dikonsumsi dalam batas normal. Karena, konsumsi air soda yang berlebihan bisa mengakibatkan pengikisan atau erosi pada enamel gigi, perut kembung, dan sendawa.

Baca berikutnya: Cara Mengenali Pilek Karena Alergi

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT