fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sejarah Awal Mula Kalender China Penentu Tahun Baru Imlek

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Tahun Baru China 2574 atau Imlek 2023 akan jatuh pada esok hari, Minggu (22/1/2023), dan menjadi perayaan yang dinanti oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dalam kalender China, Tahun Baru Imlek 2574 atau tahun ini disebut sebagai tahun Kelinci Air. Namun, sebenarnya apa itu kalender Imlek dan bagaimana sejarah awal mula kalender China ini?

Menurut Britannica, kalender Imlek adalah sistem penanggalan yang digunakan bersamaan dengan kalender Gregorian dari budaya Barat di China, Taiwan dan negara-negara tetangga, seperti Jepang.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Berantas Covid-19, BI Sulsel Salurkan APD

Pada dasarnya, kalender China atau kalender Imlek adalah bulan, tahunnya terdiri dari 12 bulan bergantian 29 dan 30 hari, dengan jumlah hari yang sama dengan kalender kabisat yakni 354 hari, atau kira-kira 12 siklus bulan penuh.

Dalam kalender Imlek ini, nama bulan dalam setahun disebut dengan angka, terkadang juga disimbolkan dengan serangkaian 12 nama binatang yang sejak zaman peradaban China kuno telah dikaitkan dengan tahun dan jam dalam sehari.

Nama-nama bulan dalam kalender Imlek ini berdasarkan zodiak China, yang diklasifikasikan berdasarkan kalender lunar secara berurutan, diawali dari Tahun Tikus dan diakhir dengan Tahun Babi. Urutannya di antaranya tikus, lembu, macan, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing, dan babi.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pelangi Ramadhan Berbagi Buka Puasa dan Sembako Kepada Anak Yatim

Dikutip dari University of Sydney, Sabtu (21/1/2023), sejarah Tahun Baru Imlek dalam kalender China, di China disebut sebagai ‘nongli xinnian’ yang berarti Tahun Baru kalender petani. Kalender Bertani ini diperkirakan berasal dari peradaban China kuno pada sekitar 3.500 tahun yang lalu.

Dalam budaya masyarakat China, perayaan tahun baru ini adalah salah satu hari libur terpenting yang menandai akhir musim dingin dan awal tahun baru berdasakan kalender lunisolar Tionghoa.

Baca juga:  Gelar Muskom, Rudy Rasyid Pimpin Maxbro Hingga 2024

Tahun Baru Imlek 2023 Tahun Kelinci Air
Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 disebut sebagai Tahun Kelinci Air. Tahun Kelinci dalam kalender lunar adalah tahun keempat dalam siklus ini, setelah Tahun Macan dan sebelum Tahun Naga.

ADVERTISEMENT

Tahun kelinci sebelumnya yakni terdiri dari 2011, 1999, 1987, 1974, 1963, 1951 dan 1939.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

NasDem Tancap Gas, Siapkan Fatmawati Rusdi di Pilkada Makassar

Mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi didapuk oleh Partai NasDem untuk bersaing dalam Pilkada Makassar 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT