fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sejarah Hidup Kembali: KPMP Suppa Peringati Hari Korban 40.000 Jiwa dengan Penuh Makna

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Kerukunan Pelajar Mahasiswa Pinrang (KPMP) Cabang Suppa baru-baru ini sukses menyelenggarakan peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa yang jatuh setiap 11 Desember. Meskipun ini merupakan kegiatan pertama kali oleh organisasi ini, peringatan kali ini dianggap istimewa karena melibatkan banyak elemen di dalamnya.

Upacara peringatan dimulai sejak pagi, Senin (11/12/2023) di halaman kantor Camat Suppa, dihadiri oleh Pasukan tentara dari personil Batalyon 721 Makkasau Pinrang. 

Upacara ini diikuti dengan khidmat oleh anggota KPMP dan anak cucu Datu Suppa Toa Andi Makkasau sebagai perwakilan keluarga.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pj Gubernur Sulsel Pastikan, Layanan Kesehatan di RS dan Puskesmas Tetap Jalan Meski Cuti Lebaran

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan ke Mara’bombang untuk mengadakan tabur bunga, semakin semarak dengan bergabungnya anak kandung Datu Suppa Andi Makkasau. 

Suasana haru menyelimuti pertemuan tersebut, yang diperkaya dengan kehadiran penulis buku biografi Andi Makkasau yang membagikan beberapa buah buku kepada personil Batalyon 721 Makkasau Pinrang.

Acara dilanjutkan dengan Bincang Sejarah di UPTD Suppa, menghadirkan narasumber penulis buku Andi Makkasau Sabriah Hasan dan Andi Makmur Makka sebagai editor dalam buku tersebut. 

ADVERTISEMENT

Dengan mengangkat tema diskusi, “Suppa dalam Lintas Sejarah” diikuti dengan sangat antusias oleh hadirin, sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa dan pelajar di daerah Suppa. Diskusi ini juga dihadiri oleh Kepala BKD Pinrang yang diwakili oleh Ramli Samad dan anggota DPRD Pinrang Muh. Faizal Syah sebagai pembina organisasi.

Baca juga:  CegahCovid -19, Rutan Makassar Buat Bilik Sterilisasi

Kegiatan tidak berhenti sampai di situ. PADA malam harinya, KPMP Suppa menggelar pentas seni ADE MALEBBI di halaman rumah Datu. Acara meriah dengan pagelaran tarik puisi, lagu, dan monolog tentang ANDI MAKKASAU. 

Ketua KPMP Suppa, Muhammad Ardiansyah, menyatakan kebanggaannya dapat menghadirkan acara tersebut kepada masyarakat Suppa, mengingat Suppa adalah daerah perjuangan dengan Andi Makkasau sebagai ikon perlawanan bersama Datu Suppa lainnya, yakni Andi Abdullah Bau Massepe.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sulsel Menari Sukses Catat Rekor MURI Lewat 2 Ajang Ini

Dia berharap ke depannya acara semacam ini dapat menjadi lebih baik lagi. Hingga hari ini, pengurus dan anggota KPMP Cabang Suppa masih aktif berbenah di halaman Rumah Datu dengan kegiatan baksos, membersihkan area halaman, dan melakukan pembersihan di dalam rumah/gedung Datu Suppa.

Sementara itu, Sabriah Hasan, penulis buku “Andi Makkasau Menakar Harga 40.000 Jiwa,” 

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT