fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Seleksi Anggota KPU Jeneponto Dibuka, Ini Tahapannya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU mulai membuka pendaftaran untuk posisi komisioner KPU Jeneponto, periode 2024 – 2029. Pendaftaran dibuka selama 10 hari, mulai tanggal 24 Oktober sampai 4 November 2023.

Adapun struktur Timsel calon Komisioner KPU Jeneponto, yakni, Ketua Arrijani, Sekretaris Muhammad Jufri, Anggota Andi Yudha Yunus, Dudi Jufri dan Elfahmi Lubis

Ketua Timsel calon anggota KPU Jeneponto, Arrijani berharap dibukanya pendaftaran ini dapat memberikan ruang kepada semua elemen masyarakat yang bersyarat untuk ikut melakukan pendaftaran.

ADVERTISEMENT

Pihaknya pun akan berupaya menjaga independensi dalam proses tersebut. Timsel bertugas mencari dan memberi yang terbaik.

“Maka Timsel memberikan kesempatan seluas luasnya kepada seluruh masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Jeneponto untuk berpartisipasi turut serta mengawal demokrasi melalui Komisi Pemilihan Umum,” kata Arrijani, Selasa, 24 Oktober 2023.

Baca juga:  1 Jabatan PAW Anggota KPU Jeneponto Diproses, Sisa 1 Orang Lagi  

Diakui Arrijani, keberhasilan Timsel dalam melakukan proses seleksi calon komisioner dapat dilihat dengan besar animo masyarakat yang ikut mendaftar sehingga dia mengamini, para calon komisioner yang mendaftar dapat mewakili semua elemen masyarakat.

ADVERTISEMENT

“Kami berlima (Timsel) akan sekuat tenaga untuk memenuhi harapan Komisi Pemilihan Umum RI untuk mencari dan memberikan yang terbaik calon komisioner,” jelasnya.

Sementara Anggota Timsel, Andi Yudha Yunus menegaskan, pihaknya dalam proses seleksi tersebut akan menjamin independensi.

Adapun mengenai rekomendasi organisasi masyarakat (Ormas), Yudha menegaskan, sepanjang menyangkut kepemiluan akan menjadi pertimbangan, tapi bukan prioritas.

ADVERTISEMENT

“Selama rekomendasi menyangkut kepemiluan itu bisa digunakan. Tapi rekomendasi ormas tertentu tidak digunakan,” ucapnya.

Baca juga:  Peserta Seleksi Anggota KPU di Makassar Terlalu Banyak, Tes CAT Dibagi 2 Sesi 

Terpenting kata Yudha, dalam proses seleksi ini pihaknya akan melihat rekam jejak setiap calon komisioner, dengan mengumumkan ke publik setiap tahapan.

Ini sekaligus memberikan ruang kepada masyarakat memberikan tanggapan dan masukan kepada Timsel. Upaya tersebut untuk melahirkan penyelenggara Pemilu yang memiliki integritas.

“Rekam jejak dapat diakses setiap saat. Kita akan melahirkan insyaallah penyelenggara yang betul – betul independen. Bukan hanya kapasitas, tapi integritas dan independensi,” tukasnya.

Berikut Tahapan Seleksi Calon Komisioner KPU Jeneponto 24 Oktober sampai 13 Desember

  • Pengumuman pendaftaran: 24 – 30 Oktober
  • Pendaftaran: 24 Oktober – 4 November
  • Penelitian Administrasi: 24 Oktober – 11 November
  • Perpanjangan Pendaftaran
    (Jika Pendaftar Kurang 2X Kuota): 5 – 10 November)
  • Penetapan Hasil Penelitian Administrasi (Pleno): 12 – 13 November
  • Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi: 14 – 16 November
  • Seleksi Tertulis (CAT) dan Tes Psikologi: 17 – 26 November
  • Penetapan Hasil Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi: 27 – 28 November
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi: 29 – 30 November
  • Masukan Tanggapan Masyarakat: 29 November – 4 Desember
  • Tes Kesehatan: 1 – 3 Desember
  • Wawancara: 4 – 8 Desember
  • Penetapan Hasil Tes Kesehatan dan Wawancara: 9 – 10 Desember
  • Pengumuman Hasil Tes Kesehatan dan Wawancara: 11 – 12 Desember
  • Penyampaian Nama Calon Anggota KPU Provinsi ke KPU: 11 – 13 Desember.
ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT