fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Semua Daerah Bisa Vaksinasi Anak, Ketersediaan Vaksin Sulsel Terbatas

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel), dr Arman Bausat mengungkapkan saat ini semua daerah bisa di Sulsel bisa melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Hal ini mengikuti perubahan syarat ketentuan daerah yang bisa melaksanakan vaksinasi anak. Awalnya, daerah yang dapat melaksanakan program vaksinasi anak jika capaian vaksinasi dosis pertama telah melampaui 70 persen dan lansia 60 persen. Saat ini semua daerah diperbolehkan melaksanakan vaksinasi anak tanpa syarat tersebut.

Baca juga:  Cegah DBD, Nurdin Abdullah Minta Dinkes Fogging Sekolah

“Berubah lagi aturan. Kemarin vaksin anak cuma boleh dosis satu 70 persen dan lansia 60 persen, kan baru-baru lagi keluar pengumuman bahwa semua daerah bisa,” ungkap dr Arman.

ADVERTISEMENT

Direktur RS Khusus Daerah Dadi ini menjelaskan bahwa yang menjadi kendala saat ini adalah ketersediaan vaksin.

Pasalnya, drop vaksin dari pemerintah pusat baru diperuntukkan bagi 8 kabupaten/kota di Sulsel. Sebelumnya Pemprov Sulsel meminta drop vaksin untuk vaksinasi anak di 6 kabuoaten kota, yakni Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Palopo, Soppeng, dan Toraja Utara.

Baca juga:  Pj Gubernur Sulsel Hadiri Sosialisasi KTP Digital untuk Pemilu 2024

Kemudian, diusulkan tambahan untuk Kabupaten Gowa dan Kota Pare-pare. Sehingga baru kedelapan daerah tersebutlah mendapat alokasi vaksin untuk anak usia 6-11 tahun.

ADVERTISEMENT

“Baru 8 kabupaten yang dapat dropping vaksin anak. Padahal sudah ada pengumuman pemerintah bahwa semua sudah bisa. Semua kabupaten berteriak minta vaksin. Nah kita di provinsi tergantung pada pusat, kalau pusat sudah mengirimkan yah kita bagi,” kata dr Arman.

Baca juga:  Nurdin Abdullah Saksikan Penandatanganan Kontrak Kerja Twin Tower

Berdasarkan data yang diperlihatkan dr Arman, saat ini vaksin anak yang telah di-drop ke Sulsel hampir 200 ribu dosis. Terdiri dari alokasi untuk 6 kabupaten/kota pertama mencapai 118.360 dosis dan tambahan alokasi untuk dua kabupaten/kota sebanyak 68 ribu dosis vaksin. Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah jenis CoronaVac dari Sinovac.

Baca berikutnya: Pemprov Sulsel Datangkan Dua Alat Pendeteksi Omicron

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT