fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Simak Alasan Penting Kenapa Masyarakat Perlu Ikut Awasi Pemilu 2024

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Puncak pelaksanaan Pemilu 2024 tinggal menghitung hari. Tepat di 14 Februari mendatang, seluruh masyarakat Indonesia, yang punya hak bakal menyalurkan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing, untuk memilih siapa calon pemimpin terbaik. 

Setelah pemilihan hal yang kadang-kadang kita buat biasanya menunggu di sekitar TPS atau pulang kembali ke rumah dan berbincang tentang siapa yang dicoblos. Kadang kala, setelah semua aktivitas di rumah atau pekerjaan rampung, kita kembali ke TPS untuk melihat kondisi terkini. 

Baca juga:  Salip Jauh Partai Lainnya, Penanda Kembalinya Kejayaan PAN di Maros

Nah ternyata aktivitas itu dianggap penting menurut pengawas kepemiluan. “Tahukah alasan kenapa seluruh elemen masyarakat perlu ikut awasi Pemilu?,” tulis pesan pada akun Instagram Bawaslu Kota Makassar yang dilansir Jumat, 9 Februari 2024. 

ADVERTISEMENT

Menurut Bawaslu, partisipasi seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi pemilu, termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa sangat penting untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil. Ada beberapa alasan yang mendasari kondisi pengawasan tersebut. 

Pertama begitu luasnya wilayah Indonesia, kedua banyak subjek yang harus diawasi. Sebagai gambaran, pada pemilu tahun ini, terdapat lebih dari 200 ribu calon legislatif yang berkompetisi ditambah tim kampanye serta subjek lain yang dilarang dilakukan sebagaimana yang termaktub dalam UU Pemilu.

Baca juga:  KPU Pusat Respons Tim Siaga Kesehatan di TPS Bentukan Pemprov Sulsel: Bisa Diduplikasi di Tempat Lain 

Kemudian, berkembangnya pelanggaran. Menurut Bawaslu, pada setiap pelaksanaan pemilu kerap berkembang praktik atau pola pelanggaran pemilu. Yang patut diwaspadai khususnya pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif, menyusul keterbatasan jumlah pengawas pemilu. 

ADVERTISEMENT

Selain keanggotaan di pusat, provinsi dan kabupaten atau kota, terdapat 3 per kecamatan, 1 per kelurahan atau desa, dan 1 orang per TPS. Jumlah tersebut dianggap tak sebanding dengan luas wilayah dan banyaknya subjek yang harus diawasi seiring dengan terus berkembangnya pelanggaran. 

Baca juga:  Doa dan Zikir Akbar Jelang Pemilu 2024 di Sulsel Segera Digelar

Berikutnya, dengan semakin banyaknya keterlibatan masyarakat dalam mengawasi, maka akan semakin mempersempit atau memperkecil potensi kecurangan. Sebaliknya kondisi itu juga akan memperbesar potensi terungkapnya pelanggaran dan tentu akan memperbesar peluang terwujudnya pemilu yang jujur dan adil.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT