fbpx
No menu items!

Simak Manfaat Tak Terduga Make Up Bagi Kesehatan Mental

Promo

LAYAR.NEWS – Alasan setiap orang dalam menggunakan make up tentunya berbeda-beda. Dari yang hanya untuk menunjang penampilan hingga senang bereksperimen dengan penampilan yang berbeda.

Meski begitu, beberapa orang lainnya memiliki penilaian tersendiri terhadap make up. Seperti menganggap menggunakan riasan sama dengan menyembunyikan diri mereka yang sebenarnya.

Tapi tahukah Kamu, ternyata melakukan make up sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan mental?

Berikut tujuh manfaat mengejutkan make up atau riasan untuk kesehatan seperti dikutip dari CNN Indonesia:

Waktu untuk diri sendiri

Menghabiskan setiap pagi untuk merias wajah mungkin merupakan cara terbaik untuk memulai hari sebelum terjebak dengan tekanan yang datang dari kehidupan.

Ini bisa memberi waktu untuk memusatkan diri sebelum meninggalkan rumah atau bahkan secara mental menjalani apa yang telah direncanakan untuk hari itu. Seperti mengumpulkan pikiran untuk pertemuan penting dengan atasan.

Selain itu, juga memberi waktu untuk menenangkan diri, alih-alih hanya bangun dari tempat tidur, melompat ke kamar mandi dan kemudian keluar dari pintu.

Makin kreatif

Hobi kreatif baik untuk pikiran, entah itu kerajinan tangan, teka-teki silang, atau buku mewarnai yang membuat Kamu bersemangat. Merias wajah juga merupakan kegiatan kreatif yang sama.

Lebih percaya diri

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memakai riasan meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita dan membuatnya merasa lebih pintar juga.

Fenomena psikologis ini lebih dikenal sebagai ‘lipstick effect’. Baik itu wawancara kerja atau kencan pertama, memakai riasan dapat menempatkan Kamu dalam kerangka berpikir yang benar untuk percaya diri tentang diri sendiri, apa pun situasinya.

Dorongan semangat untuk diri

Mengenakan riasan juga memiliki dampak positif pada harga diri. Memutuskan bagian wajah yang ingin Kamu tampilkan memberi kepercayaan diri untuk mengambil tindakan sendiri dan menghadapi dunia dengan cara yang Kamu inginkan. Memiliki kendali atas rutinitas kecantikan tentu membantu kesehatan mental.

Terapeutik

Rutinitas riasan juga bisa menjadi bentuk terapi atau momen zen. Beberapa mungkin lebih suka sesi meditasi sementara yang lain membutuhkan sesi rias untuk menjernihkan pikiran mereka.

Jika mencoba tutorial make-up YouTube yang menyenangkan membuat Kamu bahagia dan membantu Kamu melupakan kekhawatiran, jangan dengar ocehan miring orang tentang make up.

Selain itu, melakukan ritual harian sangat membantu bagi kamu yang menderita kecemasan karena memiliki kendali atas apa yang Kamu lakukan.

Baca berikutnya: Mengenal Toxic Positivity, Bisa Picu Masalah Kesehatan Mental

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Pemprov Sulsel Tak Perlu Lagi Gelar Lelang Jabatan Pengisian JPT

Pemprov Sulsel berhasil meraih peringkat pertama Anugerah Meritokrasi tahun 2021 untuk kategori Pemerintah Provinsi dari KASN.

Populer

Berita Terkait