fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sirekap Pemilu 2024 Belum Sempurna, KPU RI Segera Koreksi

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merespons marak kejadian yang diprotes dan kesalahan saat penginputan data hasil pencoblosan Pemilu 2024 dalam Sistem Informasi Rekapitulasi Pilkada (Sirekap). Informasi itu banyak beredar di media sosial. 

Mereka umumnya menyertakan bukti video saat memasukkan data hasil perhitungan suara ke dalam sistem namun tidak sesuai dengan jumlahnya. Dalam banyak cuplikan video yang beredar di media sosial, penginputan itu dikeluhkan banyak pihak. 

Baca juga:  Saat Pindah Memilih, Ini Surat Suara yang Bisa Didapatkan

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari merespon masukan dan laporan dari para pihak terkait Sirekap. “KPU menerima masukan dan siap mengoreksi apabila Sirekap belum sempurna,” katanya dilansir dari akun resmi Instagram KPU RI, Sabtu, 17 Februari 2024. 

ADVERTISEMENT

Meski begitu Hasyim menegaskan tidak ada niat manipulasi, atau mengubah hasil suara mengingat formulir C Hasil Plano diunggah apa adanya sesuai yang diunggah KPPS. Dalam konferensi pers itu Hasyim juga mengungkapkan sejumlah persoalan sepanjang proses Pemilu 2024.

Baca juga:  Jusuf Kalla Pantau Penyemprotan di Johar Baru dan Kalibata

Hasyim menyampaikan KPU masih menghimpun laporan dari KPU provinsi dan KPU kabupaten atau kota terkait situasi yang dapat menjadi alasan dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU). Dasar PSU menurutnya atas rekomendasi Panwascam, yang bekerja pada ruang lingkup TPS yang potensial untuk PSU.

Rekomendasi Panwascam kemudian disampaikan ke PPK dilaporkan kembali ke KPU kabupaten atau kota untuk diputuskan perlu tidaknya PSU. Hasyim menyampaikan KPU akan mempersiapkan segala hal terkait rekomendasi Panwas Kuala Lumpur yang meminta dihentikannya penghitungan suara metode pos dan KSK. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  KPU Bantaeng Jelaskan Alasan Suara PSI Mendadak Naik

Selain itu, Hasyim juga menerangkan terkait surat suara tertukar dan pemilu lanjutan disejumlah daerah terdampak bencana alam yang juga masih mempertimbangkan situasi lapangan.

(Sumber foto: Instagram KPU RI)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT