fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Stadion JIS Direnovasi Sesuai Standar FIFA, Konser Coldplay dan Piala Dunia U-17 Tetap Sesuai Jadwal

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, JAKARTA — Konser Coldplay yang dijadwalkan akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November 2023 terpengaruh oleh jadwal Piala Dunia U-17 yang akan dihelat di Indonesia pada tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023. Meskipun sempat menjadi perbincangan, hingga saat ini belum ada indikasi bahwa konser Coldplay akan mengubah tanggal atau lokasinya.

Hal ini dikarenakan pengumuman Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 dirilis setelah rencana konser Coldplay di Jakarta.

Namun, kabar terbaru mengindikasikan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) akan segera direnovasi agar dapat digunakan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-17.

ADVERTISEMENT

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menegaskan bahwa pemerintah akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta untuk memenuhi usulan tersebut guna penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium.

Baca juga:  Menang Perdana di Piala Asia U-23 Buka Peluang Timnas Indonesia Tembus 8 Besar

Menpora Dito menyampaikan, kegiatan renovasi meliputi perbaikan Ramp Timur Akses JIS. Kemudian, penyediaan tempat parkir untuk kendaraan pribadi.

“Kalau (renovasi) JIS sementara dari DKI. Tinggal kita kan asisten teknisnya,” ungkapnya kepada awak media di di Kompleks DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta, Kamis (29/6/2023), melansir Bisnis Liputan6.com.

ADVERTISEMENT

“Karena kereta belum jadi, stasiun (KRL JIS) juga kan belum jadi,” ungkapnya.

Menpora Dito belum memberikan informasi rinci mengenai waktu dimulainya renovasi JIS. Dia menyatakan bahwa pada pekan depan, mereka akan mengajak Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, untuk melakukan tinjauan langsung terhadap kondisi JIS.

Meskipun M. Taufik Zoelkifli (MTZ), Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, berpendapat bahwa Jakarta International Stadium (JIS) sudah cukup layak untuk menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17, ia juga mencatat beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki di tempat tersebut.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Lelang Jabatan Sekda Makassar Resmi Dibuka, Berikut Jadwal dan Syaratnya

“Sudah sangat baik. Cuman memang tidak ada yang sempurna. Jadi kaya ada kekurangan,” kata MTZ ketika dihubungi, Jumat (30/6/2023), melansir Liputan6.com.

MTZ berharap akses jalan ke JIS diperbaiki agar transportasi umum nyaman digunakan bagi orang yang ingin datang ke sana.

Menurut MTZ, sesuai saran dari FIFA, langkah yang tepat adalah meminimalisir fasilitas parkir di JIS untuk mendorong pengunjung menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Hal ini diharapkan dapat mengurangi polusi udara dan kemacetan yang mungkin terjadi.

“Kemudian tentang akses. memang belum dibuka pintu-pintu lain. Katanya baru satu pintu karena belum dibuka yang lainnya dan tentang akses-akses ke situ memang harus diperhatikan lingkungannya seperti apa,” sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan perintah untuk melakukan renovasi pada Jakarta International Stadium (JIS) agar sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

Baca juga:  2 Kg Ganja Gagal Beredar di Makassar, Begini Kronologi Pengungkapannya

Keputusan ini diambil setelah adanya usulan mengenai penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yang direncanakan akan diadakan di JIS. Presiden Jokowi menginginkan stadion tersebut memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk menjadikannya tempat yang ideal untuk acara olahraga internasional tersebut.

“Memang beberapa catatan buat Jakarta Internasional Stadium (JIS) itu terkait pintu ya, akses pintu, parkir, dan apa saya lupa.Karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar,” kata Menpora Dito Ariotedjo, Rabu (28/6).

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan apakah JIS akan digunakan untuk Piala Dunia U-17. Sebab, Indonesia memiliki 22 stadion untuk digunakan.

“Nah ini kalau untuk Piala Dunia U-17 kita akan membahas selanjutnya. Tapi yang pasti target kita adalah, dari Bapak Presiden adalah 22 stadion di Indonesia ini bisa digunakan kapanpun,” ujar dia.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT