fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Strategi Efektif Pemasaran Produk UMKM, Pengusaha Harus Tahu Ini

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Pameran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), menjadi salah satu strategi efektif bagi pengusaha untuk memasarkan produknya.

Menurut Owner Mejikuhibiniu Butik, Sondang Maria Pasaribu (52), dengan adanya pameran atau bazar, UMKM dapat merasakan berbagai keuntungan.

  1. Bertemu Buyer yang Lebih Luas

Acara pameran dikunjungi oleh calon-calon buyer dari berbagai daerah, kalangan, dan latar belakang. Bahkan tak jarang, banyak buyer berasal dari luar negeri.

ADVERTISEMENT

Saat mengikuti pameran, Sondang mengaku sering kedapatan buyer dari luar negeri. Selain meningkatkan peluang penjualan, hal itu juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan kain dan wastra Indonesia pada orang-orang luar negeri.

Baca juga:  Ombudsman RI Minta Pemerintah Rumuskan Strategi Impor Beras Kedepan

“Dengan memperkenalkan produk kepada buyer yang lebih luas, juga akan meningkatkan brand awareness Mejikuhibiniu Butik,” ujar Sondang, mengutip Kompas.com.

  1. Bertemu Stakeholder

Dikatakan Sondang, salah satu manfaat utama berpartisipasi dalam pameran adalah peluang untuk membangun jaringan dan kemitraan.

ADVERTISEMENT

UMKM dapat bertemu dengan pemangku kepentingan industri, distributor, pemasok, dan bahkan pihak potensial lain dalam acara pameran.

Interaksi langsung ini, memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan peluang kolaborasi yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis baru dan pertumbuhan jangka panjang.

“Saat pameran, kamu sering bertemu dengan orang-orang kementrian dan merekalah yang merekomendasikan Mejikuhibiniu Butik untuk dijadikan UMKM binaan Kementrian,” katanya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pegadaian Kanwil Makassar Berdayakan UMKM melalui Sedekah Jumat

Hingga saat ini, UMKM milik Sondang masih tercatat sebagai binaan Kementrian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Berkat dari situ, Mejikuhibiniu Butik sering dipromosikan dan direkomendasikan oleh orang-orang kementrian dan selalu diajak mengikuti pameran tingkat daerah bahkan nasional.

  1. Bisa Menjelaskan Produk secara Langsung

Manfaat lain mengikuti pameran menurut Sondang adalah, ia dapat memperkenalkan secara langsung kain-kain tradisional yang dipakainya.

Ia sangat ingin kalangan anak muda mengenal wastra Indonesia dan kembali menggunakan kain-kain tradisional. Pameran juga menjadi kesempatan bagi Sondang untuk menjelaskan pada calon konsumen, mengapa harga produ Mejikuhibiniu terbilang mahal.

Baca juga:  Inacraft 2024, Produk UMKM Dekranasda Makassar Dibanjiri Peminat

“Jika menjelaskan secara langsung, biasanya orang akan lebih paham,” jelas Sondang.

  1. Peningkatan Profit

Mejikuhibiniu Butik dulunya mempunyai dua toko fisik di pusat perbelanjaan. Namun, setelah pandemi toko itu harus ditutup.

Sebagai gantinya, Sondang sangat mengandalkan pameran dan bazar untuk meningkatkan penjualan dan profitnya.

Dengan mengikuti pameran, Sondang bisa menerima omzet 2-3 kali lipat dibanding omzet penjualan online perbulannya. Dalam sebulan, ia bisa mendapatkan omzet hingga Rp 30 juta, jika sering mengikuti pameran.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Melihat Skema Transformasi Liga Indonesia Musim Depan

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan transformasi Liga Indonesia akan segera diterapkan.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT