fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sukun dan Manfaatnya untuk Kelestarian Rammang-rammang

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Maros – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, melalui Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin menanam ribuan bibit pohon sukun di kawasan objek wisata Rammang-rammang, Kabupaten Maros. Penanaman ini sebagai upaya melestarikan lingkungan di lokasi tersebut sekaligus memantik daya tarik wisatawan. 

Menurut aktivis lingkungan, Muhammad Ikhwan langkah Bahtiar Baharuddin cukup tepat. Gubernur saat ini menurutnya mengerti dan paham persoalan dan solusi terkait lingkungan hidup. Salah satunya melalui gerakan budidaya hortikultura seperti sukun.

Ikhwan menilai, Bahtiar yang mengetahui jenis pohon yang bisa tumbuh dan bermanfaat untuk kawasan karst, merupakan hal yang menarik. Selain pohon buah, akarnya juga memiliki kemampuan untuk melakukan proses pencernaan air dan pemulihan air di kawasan tersebut.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Dewan Nunung Dasniar Minta Pemkot Makassar Transparan Dana CSR

“Saya sampaikan menarik sebenarnya karena Pak Gubernur tau jenis pohon yang bisa tumbuh dan bermanfaat untuk kawasan karst,” kata pria yang akrap disapa Iwan Dento ini dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Selasa, 29 Januari 2024. 

Upaya menjaga keberlangsungan wisata di kawasan karst dianggap sangat penting. Dengan menanam jenis pohon yang sesuai dengan kondisi lingkungan, seperti sukun, dapat membantu dalam pemulihan ekosistem dan menjaga kualitas air di sekitar area wisata. 

Ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi kelestarian alam dan juga pengalaman wisatawan yang berkunjung ke sana. “Pertama selain pohon buah, akarnya akan melakukan proses pencernaan air proses pemulihan air, di mana sukun ini ditanam,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Tegaskan Belum Ada Deklarai Cawapres untuk Anies, Ali: Banyak Variabel yang Harus Dipertimbangkan

Dengan adanya kesadaran akan pentingnya menjaga keberlangsungan lingkungan, upaya seperti ini menjadi contoh positif dalam menjalankan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Langkah-langkah ini dapat terus dilakukan agar alam karst tetap terjaga dan pariwisata di kawasan tersebut semakin berkembang dengan baik.

Hal ini menurut Iwan mendukung upaya menjaga keberlangsungan wisata. Membangun sistem ekonomi dan bahan pangan. Dan sukun ini punya nilai ekonomi tambahan yang sangat luar biasa. Karena itu, bisa jadi lokal food bagi turis lokal dan mancanegara.

Sedangkan untuk bunga matahari, Iwan menilai selain untuk lingkungan, juga menambahkan atraksi visual keindahan Rammang-rammang. “Ini untuk visual mata. Mungkin juga akan ada beberapa jenis pohon jenis bunga seperti tabebuya itu lebih ke atraksi visual untuk mendukung atraksi alami yang sudah ada,” ujarnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Limbah Pertanian Daerah Ini di Sulsel Bisa Jadi Pakan Ternak

Iwan berharap, semangat dari Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin sebagai pejabat transisi akan dilanjutkan oleh pemimpin selanjutnya. “Bapak Gubernur punya pikiran dan gagasan untuk terus menanam. Sangat disayangkan sekali, range waktunya terbatas sebagai penjabat transisi,” terangnya.

Lebih lanjut Iwan berharap siapapun pimpinan daerah selanjutnya bisa selaras dengan gagasan Bahtiar Baharuddin saat ini. “Ketertarikan beliau terhadap tanaman luar biasa, dan pembacaannya terhadap lingkungan juga luar biasa. Kami harap akan ada orang-orang nanti yang bisa meneruskan gagasan seperti ini,” harap Iwan.

(Sumber foto: sawitplus.co)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT