fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sulsel Masuk Daftar Tunggu Haji Terlama Hingga 47 Tahun, Kemenag Beri Solusi

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang masuk dalam daftar tunggu pemberangkatan haji terlama. Menurut data Kementerian Agama, daerah terlama di Sulsel adalah Kabupaten Bantaeng dengan masa tunggu hingga 47 tahun. 

Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief untuk memformulasikan porsi haji di Sulsel, untuk kabupaten yang jumlah antriannya tinggi ditingkatkan. “Begitu pula sebaliknya sehingga rata-rata antrian tiap Kab/Kota bisa merata,” katanya dilansir dari akun resmi Instagram Asrama Haji Makassar, Sabtu, 10 Februari 2024.

Dalam pertemuan dengan jajaran Kemenag Sulsel ini, juga dibahas terkait ketatnya status Istithaah jemaah haji untuk tahun ini. hal ini untuk memudahkan pekerjaan petugas di Arab Saudi nantinya. Di tahun ini juga masih menggunakan konsep Haji Ramah Lansia. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  393 Petugas Kloter Embarkasi Makassar Mulai Dibekali Pengetahuan Tambahan

Menurut Hilman konsep ini akan menjadi warisan dari pemerintahan saat ini hingga selanjutnya. Hilman juga menegaskan kepada calon petugas haji khususnya pembimbing haji untuk memiliki wawasan fiqh yang luas dan fleksibel terkait Ibadah Haji.

Di sisi lain diketahui Sulsel juga menjadi salah satu daerah yang calon jemaahnya telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk pemberangkatan tahun ini 2024. Pelunasan Bipih tahap I dibuka sejak 10 Januari 2024. Untuk Skala Nasional, Kemenag mencatat sudah lebih 113 ribu jemaah haji reguler yang melunasi. 

Baca juga:  Ketau DPRD Makassar Rudianto Lallo Ikut Jalan Sehat IKA Unhas Bone

“Alhamdulillah, Khusus untuk Sulsel, jemaah haji yang melunasi biaya haji berdasarkan data per tanggal 31 Januari 2024 sudah ada 4621 jemaah atau sudah 61,57 persen dari 7740 kuota jemaah haji Sulsel tahun ini,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Ikbal Ismail dilansir dari laman resmi Kemenag Sulsel, Jumat, 2 Februari 2024.

ADVERTISEMENT

Menurut mantan Kepala UPT Asrama Haji Makassar ini, mulai tahun ini, memenuhi syarat Istitha’ah kesehatan menjadi salah satu persyaratan bagi jemaah yang masuk alokasi kuota keberangkatan untuk melunasi Bipih. 

Baca juga:  Puan Maharani Buka Peluang Usung Gibran Untuk Jadi Cawapresnya Ganjar

“Sampai hari ini, untuk Sulsel tercatat ada 5583 jemaah yang sudah periksa dan memenuhi syarat istithaah kesehatan, sedangkan Jemaah Haji yang masuk kategori cadangan berjumlah 806 orang” sebut Ikbal.

“Bila jemaah haji yang masuk kategori pelunasan pertama, tidak melakukan pelunasan sampai dengan tanggal 12 Februari 2024, maka secara otomatis jemaah tersebut masuk dalam prioritas pemberangkatan untuk tahun berikutnya,” tambah Kabid PHU Sulsel ini.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT