fbpx
No menu items!

Surat Pemberhentian Tetap NA Sebagai Gubernur Sulsel Terbit

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Surat Keputusan Presiden RI terkait pemberhentian tetap Nurdin Abdullah (NA) Sebagai Gubernur Sulsel telah terbit per tanggal 12 Januari 2022.

Saat dikonfirmasi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Provinsi Sulawesi Selatan, Aslam Patonangi, mengakui surat pemberhentian NA telah diterima.

Saat ini surat tersebut telah berada di DPRD Sulsel untuk diproses selanjutnya.

“Jadi yang jelas begini, Keputusan Presiden tentang pemberhentian tetap pak Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel sudah ada. Sekarang sudah ada di DPRD,” ungkapnya Rabu (19/1/2022).

Meski begitu, Aslam enggan membeberkan proses selanjutnya. Ia hanya meminta awak media untuk melihat UU Nomor 10 tahun 2016 sebagai acuan.

Pada UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 173 dijelaskan bahwa DPRD provinsi nantinya menyampaikan usulan pengesahan pengangkatan wakil Gubernur sebagai Gubernur sebagaimana di maksud pada kepada presiden melalui menteri untuk disahkan pengangkatannya sebagai gubernur.

Diketahui, NA dijatuhi hukuman 5 tahun penjara dan pencabutan hak politik setelah terbukti bersalah dalam kasus gratifikasi. NA diketahui tidak melakukan banding sehingga putusan tersebut inkrah.

Baca berikutnya: Nurdin Abdullah Tegaskan Pembelian Mesin Speedboat Gunakan Dana Pribadi