fbpx
No menu items!

Tak Hanya Menyenangkan, Menari Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Loh!

Promo

LAYAR.NEWS – Menari tradisional ataupun modern tentunya dapat dilakukan oleh siapa saja. Baik yang melakukannya sebagai profesi ataupun hanya sekedar hobi.

Kabar baiknya adalah, selain menyenangkan menari juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Sehingga menari tak hanya dilakukan sebagai sarana rekreasi atau ekspresi diri, tapi juga bisa sebagai bagian dari olahraga. 

Melansir Alo Dokter, berikut sederet manfaat menari bagi kesehatan:

Menjaga kesehatan jantung

Menari bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Serupa dengan olahraga kardio, saat menari, denyut jantung akan meningkat karena tubuh harus melakukan gerakan dan koreografi tertentu. Hal ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan, penderita gagal jantung yang secara rutin melakukan tarian Waltz mengalami peningkatan kualitas hidup jika dibandingkan dengan penderita gagal jantung yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh

Menari juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuhPasalnya, ketika menari, tubuh dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu yang akan membuat tubuhmu beradaptasi untuk menjaga keseimbangan dan postur tubuh yang baik. Ditambah lagi, menari secara rutin juga bisa melatih otot dan kekuatan tubuh.

Menurunkan berat badan

Jika kamu bosan melakukan olahraga rutin untuk menurunkan berat badan, kamu bisa coba mulai untuk menari. Selain lebih mengasyikkan, menari secara rutin juga bisa membantumu menurunkan berat badan. Namun, perlu diingat ya, kamu juga harus mejaga pola makan supaya hasilnya maksimal.

Meningkatkan energi

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa menari dapat meningkatkan kinerja jantung. Selain itu menari juga dapat memperlancar aliran darah dan juga oksigen. Dengan begitu, proses pembentukan energi juga akan meningkat, sehingga kamu tidak akan mudah lelah saat beraktivitas.

Menjaga fungsi kognitif

Seiring bertambahnya usia, volume otak dan kemampuan kognitif kita juga akan menurun. Menurut salah satu penelitian, menari dapat membantu menjaga fungsi kognitif dengan cara menjaga dan meningkatkan volume hippocampusyaitu bagian otak yang menyimpan memori.

Mengatasi stres

Jika kamu sedang merasa stres, sesekali cobalahuntuk menari. Pasalnya, penelitian menyebutkan, gerakan-gerakan yang dilakukan saat menari bisa membantumu melepaskan beban pikiran yang mengganggu.

Selain itu, hampir sama saat kamu melakukan olahraga lain, saat menari, akan terjadi pelepasan zat kimia di dalam otak yang membantumu meredakan gejala kecemasan dan depresi.

Baca berikutnya: Kenali Ciri-ciri Selfitis, Perilaku Kecanduan Foto Selfie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini

Bareng Beat Brotherhood, Maxbro Bagi-bagi 250 Paket Takjil

LAYAR.NEWS, MAKASSAR - Komunitas Maxim Brothers (Maxbro) membagikan 250 paket menu takjil kepada warga dan pengendara yang melintas di...

Populer

Berita Terkait