fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Tak Hanya Ratakan Perut, Ini 6 Manfaat Lain dari Plank

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Plank dikenal sebagai salah satu gerakan yang dapat membantu meratakan perut.

Gerakan plank memang hanya membuat kita menahan beban tubuh, namun jika dilakukan dengan benar akan melatih seluruh bagian tubuh, terutama otot inti, yang tentu sangat krusial bagi mobilitas kita.

Nah, berikut ini beberapa manfaat lain gerakan plank bagi tubuh kita, seperti dikutip dari Kompas.com:

ADVERTISEMENT

Memperkuat seluruh bagian tubuh

Menurut pelatih dan pendiri dari Rhodes to Strength Candace Rhodes, plank melatih glutes (otot bokong) dan paha depan. Otot-otot ini memainkan peran penting bagi tubuh, dan sangat membantu bagi seorang pelari.

Tak hanya itu, otot bokong dan paha depan yang kuat juga akan membantu kita lebih nyaman bergerak saat melakukan gerakan olahraga lainnya dan beraktivitas sehari-hari.

ADVERTISEMENT

Plank juga membantu memperkuat bahu, lengan, dan bagian inti tubuh yang merupakan stabilizer utama tubuh kita. Sebab, saat melakukan plank, tulang belakang berada dalam posisi netral, memaksa otot inti untuk terlibat dan memberikan stabilitas, yang pada akhirnya membuatnya lebih kuat.

Baca juga:  Jaga Tubuh Tetap Bugar, Lakukan 5 Gerakan Olahraga Singkat Ini

Memperindah postur

Tak hanya memperkuat tubuh, plank juga bermanfaat untuk membentuk postur tubuh, sangat bagus bagi orang yang jarang bergerak.

ADVERTISEMENT

Menurut Journal of Physical Therapy Science, otot inti seperti diafragma, dasar panggul, internal obliques, dan perut, sangat berperan dalam menyokong tulang belakang dan menjaga tubuh tetap tegak.

Nah, melakukan plank akan membuat otot-otot itu tetap sehat dan kuat serta memastikan mereka dapat menahan tulang belakang kita dengan mudah. Rhodes juga menambahkan bahwa otot inti yang kuat akan membuat tulang belakang sejajar dengan benar, semakin membantu membentuk postur tubuh kita.

Membantu mengurangi nyeri otot punggung bagian bawah

Berkat manfaatnya dalam memperkuat otot inti dan membentuk postur tubuh, plank akan membantu mengurangi nyeri otot punggung bagian bawah.

Pertama-tama kita harus memahami bahwa otot inti menahan beban gerakan kita. Karena itu, jika otot inti lemah, beban itu dialihkan ke otot-otot di sekitarnya dan mulai memberi kompensasi berlebihan yang memicu nyeri punggung, terutama pada punggung bagian bawah.

Postur tubuh yang buruk akan memberi tekanan pada otot-otot di punggung. Nah, semua ini bisa ditangani dengan plank.

Baca juga:  Simak Dampak Konsumsi Minuman Bersoda Setelah Olahraga 

Menurut sebuah penelitian pada 2017 silam, meningkatkan ketabilan otot dengan berolahraga (seperti melakukan plank, akan mengurangi rasa sakit punggung. Selain itu, plank juga akan memberi rasa lega pada punggung karena mampu meningkatkan keselarasan tulang belakang dan postur tubuh.

Membantu mencegah cedera

Dengan meningkatkan kestabilan otot inti, plank akan mengurangi risiko cedera.

Menurut Journal of Athletic Training, otot inti yang kuat akan membantu mentransfer kekuatan ke seluruh tubuh saat bergerak. Otot inti yang lemah tidak akan mampu menahan beban, membuat terlalu terlalu banyak tekanan pada otot-otot di dekatnya, dan berujung cedera di bagian yang tidak terduga, seperti pinggul, paha belakang, atau paha bagian dalam.

Gerakan Plank bisa mencegah hal tersebut. Menurut Rhodes, postur tubuh yang baik berkat plank akan membantu mendistribusikan berat badan secara merata selama beraktivitas, membantu menghindari cedera dan rasa sakit saar melakukan gerakan canggung dan salah.

Meningkatkan keseimbangan

Saat melakukan plank, kita dipaksa menahan semua berat badan pada jari-jari kaki dan lengan. Ini akan meningkatkan keseimbangan, yang merupakan kunci untuk mengontrol posisi tubuh.

Baca juga:  Sukses Raih Medali Olimpiade, Danny Siapkan Bonus untuk Rahmat Erwin

Memiliki keseimbangan yang baik juga akan membantu kita bergerak karena akan mencegah cedera. Selain itu, masalah keseimbangan akan lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia.

Jika tidak terlalu percaya diri dengan keseimbangan tubuh sendiri, coba modifikasi gerakan plank. Misalnya, dengan meletakkan lutut di tanah, yang akan memberikan dukungan ekstra saat melakukannnya. Bisa juga dengan meletakkan tangan di tempat tidur atau kursi untuk mengangkat tubuh bagian atas.

Meningkatkan fleksibilitas

Meskipun tidak termasuk dalam gerakan peregangan, plank dapat meningkatkan fleksibilitas. Melakukan plank klasik akan memperpanjang dan meregangkan paha belakang, yang biasanya akan terasa sakit ketika menjadi terlalu kencang.

Selain itu, latihan ini juga akan meregangkan lengkungan dan kaki, yang meningkatkan keseimbangan dan rentang gerak. Lalu, side plank akan meregangkan obliques, sehingga memudahkan kita untuk melakukan gerakan memutar bagasi dengan mudah.

Baca berikutnya: Jaga Tubuh Tetap Bugar, Lakukan 5 Gerakan Olahraga Singkat Ini

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT