fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Teknik Jitu Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gadget

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Berada di depan layar sudah menjadi kebiasaan setiap pengguna gadget. Mulai dari layar laptop, HP, tablet, hingga televisi. Padahal, terlalu sering melihat ke layar gadget membuat mata cepat lelah.

Melansir Hello Sehat, American Academy of Ophthamology dari Amerika Serikat mengatakan bahwa melihat perangkat digital sebenarnya tidak merusak mata. Akan tetapi, lama-lama hal ini bisa menimbulkan ketegangan dan gejala yang mengganggu pengelihatan.

Manusia biasanya berkedip selama 15 kali tiap menitnya. Namun, saat menatap ke layar gadget maka jumlah kedipan akan turun. Kedipan mata bisa berkurang hingga setengah atau 3 kali lipatnya. Kondisi inilah yang menyebabkan mata cepat lelah karena dipaksa bekerja fokus menatap layar tanpa banyak berkedip.

ADVERTISEMENT

Berikut gejala ketika mata lelah:

  • Mata kering
  • Mata berair
  • Pengelihatan kabur
  • Penglihatan ganda atau diplopia, yakni kondisi di mana mata Anda melihat dua objek padahal sebenarnya hanya ada satu objek yang berbayang
  • Sakit kepala
  • Nyeri di leher, bahu, atau punggung
  • Peka terhadap cahaya silau
  • Sulit berkonsentrasi
  • Sulit membuka mata
Baca juga:  Pandangi Foto Cowok Ganteng Bermanfaat untuk Otak

Nah, untuk mencegah mata lelah Kamu bisa menggunakan teknik 20-20-20. Apa itu metode 20-20-20?

Jadi, setiap 20 menit di depan layar gadget, istirahatkan mata selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan dari layar gadget ke objek-objek yang berjarak minimal 20 kaki (6 meter) dari tempat Kamu. Itulah arti dari metode 20-20-20.

ADVERTISEMENT

Jarak 20 kaki

Melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter) tidak perlu Anda ukur. Kuncinya adalah, istirahatkan mata untuk fokus pada sesuatu yang jauh dari tempat Anda.

Baca juga:  7 Tips Berolahraga saat Berpuasa

Contohnya, melihat pohon di luar jendela atau melihat benda yang sangat jauh dari posisi Anda.

Jika ruangan Anda kecil, cobalah untuk jalan keluar sejenak ke tempat yang lebih luas agar mata Anda bisa melihat banyak benda-benda yang jauh di tempat tersebut. Hal ini bisa membantu cegah mata lelah dan kering.

ADVERTISEMENT

Durasi 20 detik

Metode ini hanya membutuhkan waktu selama 20 detik untuk membuat mata Anda menjadi lebih rileks. Saat Anda mengistirahatkan mata, ada baiknya sambil bangun dari tempat duduk dan sedikit bergerak atau berpindah.

Contohnya sambil mengambil segelas air ke di pantry atau sambil ke toilet. Minum air juga bisa memastikan mata tetap lembap dan tidak kering.

Baca juga:  Ini Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Lembutkan Rambut

Setiap 20 menit

Selama 20 menit di depan layar, biasanya mata semakin menegang melihat layar. Maka setiap 20 menit mata seharusnya diistirahatkan agar tidak cepat lelah dan supaya Anda bisa mencegah gangguan mata lainnya, misalnya mata kering.

Untuk mengingatkan diri sendiri kapan harus beristirahat melihat layar tiap 20 menit, Anda bisa membuat tulisan di depan layar Anda. Anda juga bisa memasang alarm sebagai pengingat. Atau gunakan berbagai aplikasi di smartphone yang tersedia untuk melakukan metode 20-20-20 ini.

Jika mengalami gejala mata lelah tentunya akan menggangu kenyamanan beraktivitas. Untuk itu lakukan teknik tersebut untuk mencegahnya. Selamat mencoba!

Baca berikutnya: Awas Salah Kaprah, Ini Mitos Seputar Perawatan Kulit

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Kilas Balik Bangunan Awal Masjid Raya Makassar yang Mirip Pesawat Perang Dunia II

Konstruksi awal bangunan Masjid Raya Makassar yang berdiri pada Agustus 1949 ini menyerupai badan pesawat di Perang Dunia II.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT