No menu items!

Ternyata Bernyanyi di Kamar Mandi Bermanfaat Bagi Kesehatan Loh!

Promo

LAYAR.NEWS – Bernyanyi merupakan salah satu hobi yang umum ditemui. Bahkan, bernyanyi merupakan salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang ketika berada di kamar mandi. Entah bernyanyi baik dengan suara yang indah atau pun berantakan.

Bernyanyi di kamar mandi mungkin sering dilakukan oleh sebagian orang. Aktivitas ini dilakukan karena kesenangan semata, atau justru dilakukan karena orang tersebut pemalu sehingga baru berani bernyanyi di kamar mandi saat sedang sendirian.

Bernyanyi, walaupun hanya di kamar mandi, ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, lho.

Melansir Klik Dokter, berikut beberapa manfaat bernyanyi di kamar mandi bagi kesehatan:

Membuat Perasaan Senang

Beberapa penelitian menyatakan, seseorang yang jarang bernyanyi cenderung mengalami stres dalam hidupnya. Karena, bernyanyi bisa menaikkan endorfin, suatu hormon yang dapat memicu perasaan senang.

Salah satu manfaat bernyanyi memang berkaitan dengan mood yang terasa lebih positif. Karena saat bernyanyi, Kamu akan merasa bebas dalam mengekspresikan diri. Dengan begitu, emosi yang dirasakan—termasuk mungkin yang negatif—dapat Kamu luapkan. Setelahnya, Kamu cenderung merasa lebih senang.

Mengurangi Rasa Cemas dan Depresi

Dengan bernyanyi tubuh akan menghasilkan oksitosin, hormon yang dapat mengurangi rasa cemas serta depresi. Oksitosin juga membangun perasaan percaya diri dan mempererat ikatan.

Karena itu, manfaat bernyanyi dipercaya mampu membuat seseorang tidak merasa kesepian lagi.

Manfaat bernyanyi yang satu ini akan lebih berdampak besar jika dilakukan berkelompok, misalnya dalam paduan suara. Nah, Kamu bisa latihan bernyanyi di kamar mandi untuk pelan-pelan membentuk kepercayaan diri.

Bila rasa percaya diri sudah terbentuk, Kamu dapat turut bergabung dengan kelompok paduan suara. Bersosialisasi dengan bernyanyi bersama akan membantu mengusir kesepian.

Mengurangi Kadar Hormon Kortisol

Salah satu penelitian membuktikan bahwa orang yang bernyanyi memiliki kadar kortisol yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak bernyanyi. Kadar kortisol rendah berhubungan dengan tingkat stres yang lebih rendah. Oleh karena itu, bernyanyi dianggap sebagai suatu media untuk melakukan meditasi yang sangat baik.

Di samping itu, bernyanyi di kamar mandi juga dapat membuat tidur lebih nyenyak karena efek rileks yang dihasilkan. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan peredaran darah.

Melatih Otot

Bernyanyi ternyata juga dapat melatih otot-otot pernapasan, dan otot-otot wajah. Manfaat tersebut diperoleh dari aktivitas bernyanyi itu sendiri. Pasalnya, bernyanyi memang memerlukan pengaturan pernapasan yang baik karena mengambil napas perlu dilakukan pada momen yang sesuai dengan lagu.

Sebuah studi menemukan bahwa terdapat manfaat latihan bernyanyi pada kelompok yang memiliki gangguan pernapasan, yaitu penyakit PPOK. Setelah rutin melakukan latihan bernyanyi, banyak responden merasa lebih mudah mengatasi gangguan pernapasan yang muncul karena penyakitnya.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Bernyanyi ternyata juga dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Manfaat bernyanyi ini mungkin ada kaitannya dengan kadar stres yang berkurang sehingga efek negatif stres juga berkurang, baik secara fisik maupun mental.

Beberapa peneliti telah menggunakan metode ini pada pasien-pasien penderita kanker. Metode tersebut memanfaatkan bernyanyi sebagai obat antinyeri. Jadi, secara tidak langsung bernyanyi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Baca berikutnya: Hati-hati! Ini 5 Karakter yang Berpotensi Suka Selingkuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Naik Rp2.000, Ini Rincian Harga Emas Antam Senin (19/4/2021)

Harga pecahan satu gram emas Antam berada di Rp939.000 pada Senin (19/4/2021).

Populer

Berita Terkait