fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Terungkap Bila Elon Musk Sengaja Matikan Internet di Ukraina Demi Cegah Perang Dunia III

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Elon Musk mengungkapkan alasan dimatikannya sinyal internet dari Starlink di Ukraina, pada tahun 2022 lalu. Keputusan itu dibuat untuk mencegah terjadinya Perang Dunia III.

Dalam sebuah buku biografi Elon Musk yang ditulis oleh Walter Isaacson, bos SpaceX itu memerintahkan penghentian layanan internet Starlink tersebut berdasarkan keputusannya sendiri.

Ketika itu, penghentian layanan satelit Starlink di Ukraina memunculkan tudingan miring. Namun, Musk punya pandangan lain soal alasan koneksi internet Starlink di Ukraina dimatikan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Elon Musk Isyaratkan Akan Ubah Logo Burung Twitter

Pada 2022, Ukraina merencanakan melakukan serangan terhadap kapal angkutan laut Rusia di Kota Krimea, lokasi pertikaian antara kedua negara tersebut berlangsung.

Saat drone kapal selam Ukraina yang membawa bahan peledak mendekati kapal perang Rusia, tiba-tiba drone itu hilang koneksi dan terdampar di darat.

Elon Musk rupanya khawatir apabila misi Ukraina itu tercapai, maka akan lahir ‘Pearl Harbor mini’. Sebagai informasi, kejadian Pearl Harbor terjadi pada Perang Dunia II yang memicu Amerika Serikat ikut perang karena dibom Jepang.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  PPP Sulsel Mulai Dekati Figur Balon Gubernur, Ada Polisi Berpangkat Irjen 

“Bagaimana kabarku dalam perang ini?” kata Musk bertanya secara retoris dalam sebuah wawancara dengan Isaacson dikutip dari The Guardian, Jumat (8/9/2023).

Musk menceritakan Starlink hadir di Ukraina niat awalnya adalah untuk membantu memulihkan jaringan komunikasi di negara Eropa Timur tersebut, tidak lebih dari itu.

“Starlink tidak dimaksudkan untuk terlibat dalam perang. Hal ini dilakukan agar orang-orang dapat menonton Netflix dan bersantai, serta online ke sekolah dan melakukan hal-hal baik yang damai, bukan serangan drone,” ungkap Musk.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pemkab Sidrap Siapkan 1.500 Hektar Lahan untuk Budidaya Pisang

Pada saat serangan drone kapal selam terjadi, menurut kutipan yang dilaporkan CNN, Mykhailo Fedorov, salah satu wakil perdana menteri Ukraina, memohon kepada Musk untuk memulihkan komunikasi Starlink.

“Saya hanya ingin Anda – orang yang mengubah dunia melalui teknologi – mengetahui hal ini,” kata Fedorov kepada Musk.

Menurut laporan Isaacson, Musk secara tegas tetap menolak dan mengatakan kepada Ukraina bahwa mereka telah bertindak terlalu jauh dan mengundang kekalahan strategis.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT