fbpx
No menu items!

Tidak Boleh Makan Mentimun Saat Haid, Fakta atau Mitos?

Promo

LAYAR.NEWS – Para wanita mungkin sering mendengar bahwa tidak boleh memakan mentimun saat menstruasi atau haid. Karena makanan ini diyakini dapat berdampak buruk bagi kesehatan organ reproduksi.

Apakah anggapan tersebut benar? Berikut ulasannya:

Mentimun merupakan buah dengan kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 95%. Buah ini juga mengandung antioksidan serta beragam nutrisi, seperti karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, mangan, dan folat.

Berkat banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, mentimun memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Manfaat tersebut termasuk mencegah dehidrasi, mengontrol kadar gula darah, memelihara kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Ternyata Pengidap 5 Penyakit Ini Tak Boleh Minum Air Kelapa

Namun, di balik banyaknya manfaat mentimun, masih ada beranggapan bahwa tidak boleh mengonsumsi buah ini saat sedang mentruasi atau haid.

Mengonsumsi mentimun saat menstruasi katanya dapat membuat darah haid menempel di dinding rahim sehingga memicu terjadinya kista atau kanker ovarium. Ada juga yang menggangap bahwa getah pada mentimun dapat memicu kanker rahim jika dimakan saat menstruasi.

Baca juga:  Apakah Sayur Layu Masih Bernutrisi? Ini Ulasannya

Melansir Alo Dokter, kedua anggapan ini tentu tidak benar dan hanyalah mitos belaka. Secara medis, tidak ada larangan untuk mengonsumsi timun saat menstruasi.

Terkini

Danny Tegaskan Soal Aturan Berkendara Saat PPKM Level IV

Danny Pomanto menegaskan aturan perjalanan selama PPKM Level IV di Makassar hanya menyasar pada transportasi umum.

Populer

Berita Terkait