fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Tinjau dan Temui Korban Longsor Tana Toraja, Mensos Risma Catat Kebutuhan Warga Terdampak

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Menteri Sosial, Tri Rismaharini berkunjung langsung menemui korban terdampak tanah longsor di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Rabu, 17 April 2024. Risma berbincang dengan para penyintas bencana terkait kebutuhan mereka. 

“Tim Kementerian Sosial telah lebih dahulu turun ke lapangan. Mensos Risma terjun langsung untuk memastikan  kebutuhan masyarakat terdampak  sudah terpenuhi,” tulis keterangan dalam siaran pers yang diterima dari Biro Humas Kemensos RI, Rabu petang. 

Mensos Risma menempuh rute udara dari Jakarta dan transit di Makassar kemudian menggunakan helikopter menuju Tana Toraja. Perjalanan udara ditempuh karena untuk sampai di Toraja membutuhkan waktu 8 jam perjalanan darat dari Kota Makassar dengan melintasi banyak perbukitan. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Rafah dan Gencatan Senjata!

Sesampainya di lokasi, Mensos Risma langsung menemui keluarga korban, dan menanyakan kebutuhan yang diperlukan ahli waris. “Ibu butuh apa? Nanti saya bantu,” kata Mensos Risma menanyai keluarga korban satu persatu. 

Mensos Risma juga terlihat mengintsruksikan stafnya agar mencatat kebutuhan masyarakat. Kepada stakeholder terkait, Mensos Risma meminta agar melakukan pendataan dan kemudian diserahkan kepada Kemensos. 

Baca juga:  Kemnaker Salurkan Bantuan Subsidi Upah 2021 Tahap Ketiga

Kebanyakan dari keluarga korban membutuhkan modal usaha karena beberapa yang meninggal merupakan pencari nafkah. Hal ini dibenarkan oleh Lurah Maggau Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja, Lukas Duma Tarukkada. “Yang mereka butuhkan memang terkait ekonomi,” katanya.

ADVERTISEMENT

Kesejahteraan keluarga yang ditinggal menjadi perhatian khusus Mensos Risma. Oleh karena itu, Mensos Risma menggunakan pendekatan individual agar kelangsungan ekonomi keluarga tetap terjaga. 

Sebelumnya, Mensos Risma telah menyalurkan bantuan tahap awal pasca kejadian dari gudang Dinas Sosial Toraja pada 13 April 2024. Bantuan selanjutnya dikirim dari beberapa gudang logistik yang berada di Kota Makassar.

Baca juga:  Pencarian 2 Korban Tertimbun Longsor di Tana Toraja Pakai Drone, Begini Pertimbangannya

Jenis bantuan yang telah disalurkan dengan rincian tenda gulung, tenda keluarga portable, tenda serba guna, toilet portable, penjernih  air, genset powerbank, peralatan dapur keluarga, kasur, selimut, matras, family kit, kidsware, makanan siap saji, makanan anak, dan beras. Nilai total bantuan yang diberikan sejumlah Rp713,6 juta.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Perjuangan Berat Timnas Menanti di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Secara peringkat dunia perjuangan Indonesia memang berat untuk bisa langsung lolos dari babak ketiga karena bercokol dengan sejumlah negara kuat Asia.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT