fbpx
No menu items!

Tipe Teman Toxic yang Perlu Kamu Hindari

Promo

LAYAR.NEWS – Berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat dan positif dapat membawa beragam manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Selain itu memiliki hubungan pertemanan yang positif juga dapat menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan, baik fisik maupun mental.

Sebaliknya, terjebak dalam lingkaran pertemanan yang toxic tentu dapat membawa dampak yang negatif pula, seperti membuatmu meragukan diri sendiri, menurunkan self-esteembahkan memicu stres berlebih.

Bila terjadi dalam jangka waktu yang lama, hal ini pada akhirnya bisa menimbulkan gangguan mental.

Di bawah ini adalah beberapa tipe teman toxic yang sebaiknya kamu hindari swperti dikutip dari Alo Dokter:

Tipe Hobi Memanfaatkan

Tipe teman toxic ini cukup sering ditemui. Teman toxic tipe ini umumnya menjalin pertemanan hanya sekadar untuk mencari keuntungan guna memenuhi tujuannya, misalnya untuk meningkatkan status sosialnya.

Tak jarang, setelah tujuannya terpenuhi, teman yang hanya suka memanfaatkan ini akan menghilang, meski kamu mungkin sedang membutuhkannya. Namun, jika di masa depan ia kembali membutuhkan dukungan atau bantuan, ia tidak akan segan-segan untuk meminta hal tersebut darimu.

Tipe Suka Mengeluh

Teman toxic tipe ini umumnya tidak pernah puas dengan apa pun yang dimilikinya. Akibatnya, ia akan selalu menggerutu dan mengeluhkan mengenai tidak adilnya dunia ini baginya.

Tidak hanya bagi kehidupannya, teman toxic seperti ini biasanya juga cenderung akan melihat segala sesuatu dengan cara pandang yang negatif. Hal ini dapat terlihat dari kebiasaannya yang selalu mengkritik atau bahkan cemburu dengan kehidupanmu.

Tipe Ratu Drama

Seperti julukannya, ini adalah tipe teman toxic yang hidupnya selalu dipenuhi dengan konflik dan drama. Setiap harinya, selalu saja ada hal yang membuat ia kesal, sedih, atau marah. Jika kamu memiliki teman dengan tipe ini, kemungkinan besar kamu akan selalu menjadi pemecah masalah pribadinya.

Terlebih lagi, tipe teman toxic seperti ini umumnya juga selalu mementingkan dirinya sendiri. Ia cenderung tidak peduli dengan masalah yang dialami oleh teman-temannya, termasuk mungkin masalahmu.

Tipe Egois

Tipe teman toxic yang satu ini biasanya selalu mengharapkanmu untuk meninggalkan semua hal apabila ia sedang membutuhkan bantuanmu. Jika kamu memiliki prioritas lain, tak jarang, ini bisa membuat ia kecewa atau bahkan marah padamu.

Walau menjadi teman yang suportif memang merupakan hal penting, tetapi dengan tipe teman egois seperti ini sebaiknya kamu tetap menetapkan batasan yang jelas. Pasalnya, jika tidak, berteman dengan Si Egois bisa menguras waktu bahkan energimu.

Tipe Komentator

Teman toxic tipe komentator bisa kamu kenali dari kebiasaanya dalam mengomentari atau mengkritik segala hal yang ada di dalam hidupmu, mulai dari prestasi, hobi, atau cara berpakaianmu. Biasanya, kritik atau komentarnya tersebut ia sampaikan dalam bentuk candaan yang menyinggung.

Tak jarang, ia juga melakukan hal tersebut di depan orang lain. Ini dilakukannya semata-mata untuk membuat dirinya merasa lebih baik atau agar orang lain tidak menganggapmu lebih baik dari dirinya.

Tipe Penggosip

Jika kamu memiliki teman yang suka bergosip, kamu harus sangat berhati-hati, ya. Sebisa mungkin, hindari terlalu banyak menceritakan kehidupan pribadimu apalagi rahasiamu kepadanya.

Pasalnya, tipe teman toxic satu ini bisa dengan mudah menceritakan atau menggosipkan kehidupan orang lain kepadamu, ini berarti, ia juga tidak akan segan untuk menceritakan kehidupan atau masalahmu kepada orang lain.

Tipe Pemberontak

Seseorang dengan sifat pemberontak cenderung lebih sering melanggar aturan-aturan tertentu di sekitarnya. Oleh karena itu, masa-masa awal pertemanan dengan tipe teman toxic yang satu ini mungkin bisa terasa seru.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, berteman dengan tipe pemberontak bisa menghabiskan energi, bahkan membuatmu berada dalam masalah. Sebab, setiap hal yang dilakukannya biasanya penuh risiko dan sulit untuk diprediksi.

Baca berikutnya: Bagus Untuk Kulit, 5 Makanan Ini Kaya Kolagen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini

Bareng Beat Brotherhood, Maxbro Bagi-bagi 250 Paket Takjil

LAYAR.NEWS, MAKASSAR - Komunitas Maxim Brothers (Maxbro) membagikan 250 paket menu takjil kepada warga dan pengendara yang melintas di...

Populer

Berita Terkait