fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

TKN Prabowo-Gibran Berharap Ketua MK yang Baru Tak Goyah Oleh Intervensi Politik

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Hakim konstitusi Suhartoyo disepakati menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman. Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menilai Suhartoyo merupakan pilihan terbaik dari para hakim MK.

“Itu hasil pilihan terbaik dari hakim-hakim MK,” kata Wakil Komandan Bravo TKN, Cheryl Tanzil, saat dihubungi, Kamis (9/11/2023) dilansir Detikcom.

Dihubungi terpisah, Wakil Komandan Bravo TKN lainnya, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan pihaknya menghormati apa yang telah diputuskan oleh MK. Politikus Partai Demokrat ini mendukung terpilihnya Suhartoyo sebagai Ketua MK yang baru.

ADVERTISEMENT

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi apapun keputusan para hakim MK. Nama yang dipilih sebagai ketua tentu pilihan terbaik dari para hakim MK di sana. Kita menghormati kemandirian dan independensi MK,” katanya.

Baca juga:  Permintaan Jokowi Usai Lantik Menteri Investasi

Lebih lanjut Herzaky berharap Suhartoyo bisa mengembalikan kepercayaan publik kepada MK. Dia pun yakin MK di bawah kepemimpinan Suhartoyo akan kuat melawan intervensi politik.

“Kita harapkan marwah MK bisa terus terjaga. Tidak akan goyah oleh intervensi politik apapun. Kami meyakini MK bisa tetap menjadi penjaga konstitusi dan hukum di negeri ini,” tutur Herzaky.

ADVERTISEMENT

Suhartoyo terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman. Setelah diumumkan sebagai Ketua MK, Suhartoyo berkomitmen untuk memperbaiki marwah MK sebagai penjaga konstitusi.

Baca juga:  PSI Sulsel All Out Menangkan Prabowo-Gibran

“Semangat kami berdua itu tetep sama, bahwa yang sekiranya di Mahkamah Konstitusi itu dipandang ada yang tidak baik tentunya itu akan kami perbaiki bersama,” ucap Suhartoyo seusai pengumuman hasil RPH di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023).

Suhartoyo membuka diri akan masukan ataupun kritik dari masyarakat. Dia mempersilakan masyarakat untuk mengkritik jika dirasa ada yang tidak baik.

ADVERTISEMENT

“Kalau memang kami ada yang ke depan tidak baik, ya, tidak apa-apa kami dikritik berdua sehingga kami berdua bisa setiap saat evaluasi. Jadi jangan dibiarkan,” imbuhnya.

Baca juga:  Tingkat Harga Kakao, IKM Chocotua Gagas Fermentasi Center Biji Kakao SNI

Lebih jauh, Suhartoyo berbicara perihal dipilihnya dirinya sebagai Ketua MK. Dia mengatakan terpilihnya dia sebagai Ketua MK karena panggilan dan permintaan para hakim MK.

“Jadi teman-teman semua yang harus dipahami adalah jabatan ini bagi saya bukan saya yang minta. Tapi ada kehendak dari para yang mulia, yang memang seperti ysng disampaikan yang mulia Prof Saldi tadi, bahwa beliau-beliau mempercayakan kami berdua untuk menjadi semacam logo tadi,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT