fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

TPN Ganjar-Mahfud Sebut Perubahan Format Debat Capres-Cawapres Seperti Meragukan Kemampuan Gibran

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md atau TPN Ganjar-Mahfud, Deddy Yevri Hanteru Sitorus, menyampaikan pendapatnya mengenai perubahan format debat calon presiden dan calon wakil presiden. 

Dia mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan bahwa seluruh gelaran debat akan dihadiri oleh calon presiden dan calon wakil presiden secara berpasangan.

Deddy mengatakan, tak adanya debat yang dihadiri cawapres seorang diri menghina dan merendahkan kemampuan para cawapres.

ADVERTISEMENT

“Terutama Gibran (Rakabuming Raka),” ucapnya saat, Jumat, 1 Desember 2023, dilansir Tempoco.

Jika perubahan format itu dimaksudkan untuk melindungi Gibran Rakabuming Raka, Deddy mengatakan hal itu akan kontraproduktif.

“Sebab Gibran akan kehilangan kesempatan untuk membuktikan betapa mampu dan layaknya dia (jika menang),” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ditolak di Mandala, Deklarasi Gibran Sebagai Pendamping Prabowo Digelar di Jalan Pettarani

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka disebut sebagai pasangan yang paling sering absen dalam berbagai debat publik yang diselenggarakan menjelang Pilpres 2024.  

Singgung peran cawapres

Padahal, menurut Deddy, ada saat-saat cawapres harus menggantikan Presiden ketika berhalangan tetap.

ADVERTISEMENT

“Hal itu justru akan menimbulkan keraguan publik dan berpotensi menurunkan elektabilitasnya,” ucapnya.

Deddy mengimbau KPU kembali menggunakan format debat pada Pilpres 2019.

“Tidak usah aneh-aneh sehingga bisa menimbulkan kecurigaan publik terhadap kredibilitas KPU dan ujungnya kredibilitas hasil pemilu,” ujarnya.

KPU menegaskan debat Pilpres 2024 akan melibatkan calon presiden dan calon wakil presiden. Komisioner KPU Idham Holik, menjelaskan debat capres-cawapres dilakukan lima kali, seperti diatur Pasal 50 ayat 1 Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023.

Baca juga:  PPP Wacanakan Adnan Purichta Jadi TPD Ganjar-Mahfud, Pengganti Danny Pomanto

“Ada (debat cawapres). Itu jadwal saya kirim, saya kemarin ikut rapat,” kata Idham, melalui aplikasi perpesanan, Jumat malam, 1 Desember 2023. Ia membantah pemberitaan soal tidak adanya debat cawapres.

Pada Pilpres 2024, menurut Idham, cawapres akan turut mendampingi pasangannya saat debat capres, demikian sebaliknya. Proporsi bicara masing-masing capres dan cawapres, menurut dia, tergantung agenda debat hari itu, apakah debat capres atau debat cawapres.

Format tersebut berbeda dengan debat pada Pilpres 2019. Lima tahun lalu, KPU menggelar lima kali debat capres-cawapres dengan komposisi satu kali debat khusus cawapres, dua kali khusus capres, dan dua kali dihadiri capres-cawapres.

Baca juga:  Pemkot Makassar Komitmen Ciptakan Ketahanan Ekonomi Melalui Pertanian Kota

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden harus bersama-sama hadir dalam debat untuk menunjukkan kesatuan dan kekompakan di antara mereka kepada publik.

“Sehingga publik makin yakin dengan penampilan mereka pada saat debat,” kata Hasyim usai Rapat Koordinasi Persiapan Debat Pasangan Capres-Cawapres Tahun 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Kamis. 30 November 2023.

Debat capres-cawapres Pilpres 2024 akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Mereka adalah Ganjar-Mahfud,  Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Debat pertama akan digelar pada 12 Desember 2023 dengan mengangkat tema hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Peringatan Waspada Sarang Buaya Dekat Pemukiman Warga di Makassar

Otoritas terkait telah memasang papan imbauan, waspada buaya dekat pemukiman warga di sekitar Sungai Tallo, Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT