No menu items!

UMK Makassar Naik 2 Persen, Berlaku 1 Januari 2021

Promo

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menetapkan Upah Minimun Kota (UMK) Makassar tahun 2021 naik 2 persen. Yakni Sebesar Rp63.831.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengungkapkan, UMK Makassar tahun 2020 sebesar Rp3.191.572 dinaikkan menjadi Rp3.255.403 di tahun 2021 mendatang.

“Kita sudah menetapkan UMK tersebut,” ungkapnya, usai rapat pleno di kantor Dinas Ketenagakerjaan, Selasa (10/11/20).

Irwan mengatakan, keputusan ini segera dilaporkan kepada Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Sehingga rekomendasi yang telah dibuat bersama dapat ditandatangani.

Kenaikan UMK ini berdasarkan hasil kajian dari dewan pengupahan dengan melibatkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan serikat buruh.

“Pertimbangannya adalah pertama karena kita mengacu pada UMP yang sudah ditetapkan naik 2 persen. Kedua, pertimbangan teman dewan pengupahan dan apindo untuk menaikkan UMK 2 persen,” terangnya.

Sementara itu, Ketua APINDO Makassar, Muhammar Muhayang mengatakan, penetapan kenaikan UMK ini dilihat dari situasi perekonomian yang kurang menguntungkan.

Pihaknya berupaya menaikkan UMK Makassar, sebab jika dibandingkan dengan provinsi, UMK Makassar jauh lebih tinggi dibanding UMP Sulsel.

“Kita berusaha mencari jalan terbaik dan sehingga perusahaan dan pekerja bisa tetap survive. Kita bersyukur tetap ada kenaikan karena Makassar selama ini lebih tinggi dari provinsi. Kenaikan UMK Kota Makassar itu sudah jauh dari UMP Sulsel,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Ini 4 Tanda Doa Dikabulkan oleh Allah SWT

Sejatinya Allah SWT memberikan tanda saat doa yang dipanjatkan hambanya terkabulkan

Populer

Berita Terkait