fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Undangan Memilih Online ke TPS, Begini Penjelasan KPU Makassar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – KPU Kota Makassar merespons informasi yang beredar di media sosial mengenai undangan pemilih non fisik saat hendak ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Undangan online itu tersebar di berbagai platform medsos, termasuk WhatsApp. 

“PEMBERITAHUAN: Bahwa Pemilu 2024 sudah tidak menggunakan undangan fisik, melainkan perindividu dapat mengeceknya di : https://cekdptonline.kpu.go.id/,” demikian pesan singkat yang beredar luas di masyarakat di Whatsapp.

Baca juga:  Wawali Kota Makassar dan Ketua DPRD Kota Makassar Tanda Tangan Perda Perlindungan Guru

“Cara untuk memeriksanya adalah pertama, buka https://cekdptonline.kpu.go.id/, kedua, masukkan NIK, ketiga, klik pencarian, keempat, setelah klik pencarian, akan muncul nama dan nomor TPS pemilih,” lanjut isi pesan singkat tersebut.

ADVERTISEMENT

Komisioner KPU Kota Makassar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Muhammad Abdi Goncing mengatakan, bahwa informasi Pemilu 2024 tidak menggunakan undangan fisik yang beredar melalui WhatsApp tersebut adalah hoaks.

Baca juga:  Warga Makassar yang ke TPS Wajib Bawa KTP, Begini Tata Caranya 

“Kepada rekan-rekan media, sebagian dari informasi yang beredar adalah hoaks. Pernyataan bahwa Pemilu 2024 tidak menggunakan undangan fisik adalah tidak benar,” tegas Abdi dalam keterangannya kepada jurnalis, Kamis, 8 Februari 2024.

Abdi bilang, bahwa setiap pemilih yang akan memberikan suaranya di TPS pada 14 Februari 2024 nanti, wajib membawa dan menunjukkan undangan pemilihan (C-Pemberitahuan) serta KTP Elektroniknya kepada petugas KPPS.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sosialisasi di Barru, Taufan Pawe: Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Pemilih dapat memeriksa statusnya di DPT (Daftar Pemilih Tetap) atau DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) serta mengetahui lokasi TPS tempat mereka memilih melalui situs https://cekdptonline.kpu.go.id/. Berbeda dengan informasi salah yang tersebar di medsos.

“Demikianlah klarifikasi kami terhadap informasi yang tidak benar ini. Semoga kita semua terhindar dari informasi yang tidak benar menjelang hari pemungutan suara pada Pemilu 14 Februari 2024,” lanjut Abdi Goncing.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT