fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Waspada Gangguan Kamtib, Sipir Rutan Kelas I Makassar Dilatih Menembak

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Jajaran pegawai Rutan Kelas I Makassar mengikuti kegiatan latihan menembak di Lapangan Tembak Jananuraga SPN Batua. Sabtu, 5 Agustus 2023.

Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch. Muhidin menyebut bahwa kegiatan latihan menembak ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan ketangkasan petugas dalam menghadapi potensi situasi darurat yang mungkin terjadi dalam melaksanakan tugas.

“Sebelumnya latihan ketangkasan fisik, di SPN Batua juga. Hari ini lebih kepada mental, bagaimana sikap petugas dalam menghadapi situasi yang darurat dengan menggunakan senjata,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

Sebelum latihan digelar, teori pengenalan senjata api laras pendek disampaikan oleh salah satu instruktur, Iptu Herman Nur.

Baca juga:  Mahasiswa UNM Masuk Rutan Kelas I Makassar, Ajari Napi Bikin Batik

Dia menjelaskan seputar senjata api, perkenalkan bagian-bagian dan fungsi dari senjata api revolver laras pendek, serta menjelaskan cara penggunaan senjata api yang baik dan benar.

“Terima kasih telah memercayakan pelatihan ini kepada kami. Karena di Makassar ini banyak sekali lapangan tembak. Kami selalu siap untuk bersinergi dengan pihak Rutan Makassar dalam hal peningkatan kualitas SDM petugas di bidang fisik dan mental,” ujarnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Besok Sertijab Karutan, Jayadi Kusumah Langsung Inspeksi Fisik Rutan Kelas I Makassar

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan, Andi Erdiyangsah Bahar berharap setelah memperoleh materi dan pengalaman menembak tersebut, jajaran Kesatuan Pengamanan memiliki mental yang baik saat menghadapi situasi genting di lapangan.

Diketahui penghuni Rutan Kelas I Makassar saat ini berjumlah 1.886 orang, dengan rincian 1.448 tahanan, 433 narapidana dan 5 bayi dengan kekuatan petugas yang hanya berjumlah 12 orang.

“Kita tidak bisa memprediksi kapan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Rutan Makassar dan tentu saja bukan hal yang diharapkan untuk terjadi. Tapi sebuah keharusan bagi setiap petugas khususnya petugas pengamanan untuk memiliki kemampuan dalam menggunakan senjata api. Walaupun penggunaannya merupakan opsi terakhir dalam menghadapi situasi gangguan kamtib tersebut,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pemprov Sulsel Gelar Pasar Murah di Monumen Mandala Hari Ini

Salah satu petugas angkatan 2017, Reza Naphan Yauri mengaku sangat senang dengan latihan menembak ini. Ia berharap dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

“Alhamdulillah, seru dan menegangkan. Karena ini pertama kali saya ikut sejak terangkat tahun 2017. Semoga ini berlanjut dan rutin setiap tahunnya untuk mengasah kemampuan kami dalam menembak,” ucapnya antusias.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT