fbpx
No menu items!

Wujudkan Literasi Digital Makaverse, Tenri: Minat Baca Sudah Lebih 45 Persen

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Program Perpustakaan Digital yang telah dirintis oleh Dinas Perpustakaan kota Makassar satu arah dengan program baru Makassar Metaverse (Makaverse).

Program tersebut didorong untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih cepat melalui penggunaan platform teknologi internet berupa virtual reality atau dunia maya.

Kepala Dinas Perpustakaan kota Makassar, Tenri A Palallo menerangkan sejumlah inovasi yang telah dilakukan dalam rangka pengembangan perpustakaan dan peningkatan warga gemar membaca di kota Makassar.

“Bahkan kini pihak Dinas Perpustakaan kota Makassar sedang mengupayakan pelestarian koleksi khusus naskah-naskah kuno dengan mendigitalisasikan agar lebih awet,” katanya senin (16/05/2022).

Melalui Program Metaverse, pihaknya akan lebih meningkatkan kinerja mewujudkan Makaverse atau Makassar sebagai kota Metaverse khususnya di sisi layanan perpustakaan dan pengembangan minat baca masyarakat.

Saat ini, peningkatan kegemaran membaca di Kota Makassar sudah melebihi 45 persen, dengan indeks literasi lebih dari 63 persen.

“Kita akan secepatnya beradaptasi terhadap pelaksanaan dan perwujudan Makassar Metaverse,” kata Tenri.